Evaluasi Metode Continuity of Care pada Tugas Akhir Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan

M. Nur Dewi Kartikasari(1*), Sri Anggarini Parwatiningsih(2), Rizka Adela Fatsena(3)


(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Continuity of Care memberikan pengalaman klinik yang terintegrasi kepada mahasiswa kebidanan. Mahasiswa memberikan asuhan pada pasien sejak masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana dengan pendekatan asuhan kebidanan yang telah didapat. Implementasi pembelajaran metode Continuity of Care di Indonesia masih terbatas. Prodi D III Kebidanan UNS menerapkan pilot project pembelajaran CoC sebagai laporan tugas akhir mahasiswa tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk melakukan evaluasi metode CoC pada tugas akhir mahasiswa melalui pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis konten pada refleksi mahasiswa. Penelitian menggunakan instrument refleksi diri mahasiswa pada tanggal 7 Agustus 2019. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner mengenai refleksi diri mahasiswa sebanyak 54 orang. Evaluasi metode CoC meliputi aspek manfaat tugas akhir dalam bentuk CoC; Aspek kompetensi yang diperoleh; hal-hal yang belum dan akan dilakukan untuk mencapai harapan CoC; serta hubungan CoC dengan profesi setelah mahasiswa lulus. Analisis yang digunakan secara kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa yang terlibat langsung berperan menurunkan angka kematian ibu dan bayi; meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap; lebih memanfaatkan waktu, membaca banyak referensi dan melakukan komunikasi efektif dalam pemberian asuhan pada pasien; metode CoC merupakan bekal menjadi bidan dalam pengambilan keputusan tentang asuhan kebidanan yang akan diberikan.


Keywords


Continuity of Care, Student evaluation

Full Text:

PDF

References


Cresswell, J. W. (2014) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th edn. Edited by V. Knight, J. Young, and K. Koscielak. London: SAGE Publications, Inc.

Cruess, R. L., Cruess, S. R. and Steinert, Y. (2016) ‘Amending Miller’s Pyramid to Include Professional Identity Formation’, Academic Medicine, 91(2). doi: 10.1097/ACM.0000000000000913.

Dahlberg, U., & Aune, I. 2013. The Woman’s Birth Experience -The Effect of Interpersonal Relationships and Continuity of Care. Midwifery, 29, 407–415. Retrieved from www.elsevier.com/midw

Damiano, R. F. et al. (2016) ‘Empathy in Medical Students Is Moderated by Openness to Spirituality’, Teaching and Learning in Medicine, 29(2), pp. 188–195. doi: 10.1080/10401334.2016.1241714.

Diana, S. (2017). MODEL ASUHAN KEBIDANAN CONTINUITY OF CARE. Surakarta: CV Kekata Group.

Emilia, O. (2008). Kompetensi Dokter dan Lingkungan Belajar Klinik di Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Haggerty, J. L., Freeman, G. K., & Beaulieu, C. 2013. Experienced Continuity of Care When Patients See Multiple Clinicians : A Qualitative Metasummary. Annals of Family Medicine, 11, 262–271. http://doi.org/10.1370/afm.1499. INTRODUCTION

Homer, C. S. E., Friberg, I. K., Augusto, M., Dias, B., Hoope-bender, P., Sandall, J., … Bartlett, L. A. 2014. The Projected Effect of Scaling Up Midwifery. Lancet, 384, 1146–

http://doi.org/10.1016/S0140-6736(14)60790-X

(ICM), I. C. (2011). Global Standards for Midwifery Education. Retrieved April 22, 2012, from www.internationalmidwives.org/D ocumentation/ICMGlobalStandard sCompetenciesandTools/

Jones, C. J., Creedy, D. K., Ed, M., Gamble, J. A., & Health, M. 2012. Australian Midwives ’ Attitudes Towards Care for Women With Emotional Distress, 28, 216–221. http://doi.org/10.1016/j.midw.2010. 12.008

Merkl-Davies, D. M. et al. (2014) ‘Content Analysis and Discourse Analysis in Corporate Narrative Reporting Research: A Methodological Guide’, (March).

Nagle, C., Skouteris, H., Hotchin, A., Bruce, L., Patterson, D., & Teale,G. 2011. Continuity of Midwifery Care and Gestational Weight Gain in Obese Women : A Randomised Controlled Trial. BMC Public Health, 11(174), 1–6. Retrieved from http://www.biomedcentral.com/147 1-2458/11/174Page

Kemenkes. (2011). Profil Kesehatan Indonesia 2010. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Patmawati, T.A., Saleh, A., Syahrul, S. (2018). Efektifitas Metode Pembelajaran Klinik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan : A Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. DOI:http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v3i2.1823

Pusdiknakes. (2002). Kurikulum Pendidikan D-III kebidanan. Jakarta: Depkes RI.

Sandall, J. (n.d.). The Contribution of Continuity of Midwifery Care to High Quality Maternity Care.

Sofyan, Mustika. (2006). 50 Tahun Ikatan Bidan Indonesia Bidan Menyongsong Masa Depan. Jakarta: PP-IBI.

Wellard S.J. Solvoll B. A., H. K. (2009). Picture of Norwegian Clinical Learning Laboratories for undergraduate nursing students, Nurse Education in Practice.


Article Metrics

Abstract view : 779 times
PDF - 357 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.1.2021.197-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.