Intensitas Bermain Game Online Berhubungan dengan Perilaku Agresif Verbal Remaja

Istiqomah Isnaini(1), Eka Malfasari(2*), Yeni Devita(3), Rina Herniyanti(4)


(1) STIkes Payung Negeri Pekanbaru
(2) STIkes Payung Negeri Pekanbaru
(3) STIkes Payung Negeri Pekanbaru
(4) STIkes Payung Negeri Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku agresif dapatbisa  terjadi secara verbal. Salah satu pemicu terjadinya perilaku agresif adalah bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan perilaku agresif verbal remaja di komunitas game online PUBG Pekanbaru. Desain penelitian adalah kuantitatif berbentuk korelasi dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di salah satu komunitas game online PUBG Pekanbaru. sampel penelitian ini adalah 48 responden menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala likert Brief Aggression Questionnaire (BAQ) dan skala intensitas. Alat ukur yang digunakan untuk variabel intensitas bermain game online adalah kuesioner penelitian yang telah di uji validitas dengan validitas 0,906 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,906 dan untuk variabel perilaku agresif verbal adalah kuesioner penelitian yang telah di uji validitas dengan r hasil dengan validitas indeks diskriminasi rix ≥ 0,30 nilai koefisien alpha sebesar 0,906 dan reliabilitas 0,931. Analisa yang digunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan 64,58% responden dengan intensitas bermain game online tinggi dan 66,67% responden dengan perilaku agresif verbal tinggi. Hasil uji statistik p value 0,002 < (0,05) sehingga di dapatkan hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online PUBG dengan perilaku agresif verbal remaja.


Keywords


agresif verbal; intensitas; game online; remaja

Full Text:

PDF

References


Amanda, R. A. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda. Journal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.

Asyakur, M., & Puspitadewi, N. (2017). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecenderungan Agresivitas Pada Komunitas Gaming Surabaya. Psikologi Pendidikan, 4, 1–6.

Auliya, M., & Nurwidawati, D. (2015). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character, 2(3), 1–6.

BPS, P. (2017). Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru.

Fajriyah, K. (2015). Hubungan Antara Frustrasi Dengan Agresivitas Siswa SMP Negeri 3 Suruh. Psikologi, 1–15. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Fatmawati. (2017). Hubungan Permainan Video Games (Playstation) dengan Perilaku Agresif Anak dan Remaja di Area Terminal Kabupaten Bulukumba. Journal Of Islamic Nursing, 2(2), 20–29.

Fitrotunnisa, windi yuli utami feronika ana. (2017). Hubungan Frekuensi Bermain Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja Kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Muhammadiah 7 Yogyakarta. Ilmu Keperawatan, 4(1), 9–15.

Musthafa, A. E. (2015). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(11), 1–13.

Nurussa’adah. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Agresivitas. Psikologi, 7(1), 1–8.

Pitakasari, A. A., Kandar, & Pambudi, A. (2017). Hubungan Paparan Game Online Berunsur Kekerasan Terhadap Relationship of Online Game Exposure To Violence Towards Agressive Behavior in Adolescents. Keperawatan, 96–102.

Prasetia, A., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Berkomunikasi. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 68–73. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1351

Ramdhani, R. A., & Rinaldi. (2019). Hubungan Sensation Seeking Dengan Kecanduan Game. 1–12.

Rondo, A. A. A., Wungouw, H. I. S., & Onibala, F. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Siswa Di Sma N 2 Ratahan. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 7(1).

Subair, M., Rismawidiawati, & Muslim, A. (2019). Perilaku Anak Pecandu Game PUBG Berkonten Kekerasan pada Sekolah SD Inpres Laikang Sudiang Makasar. Seminar Series in Humanities and Social Sciences, 1–22.

Susantyo, B. (2016). Faktor-faktor determinan penyebab perilaku agresif remaja di permukiman kumuh di kota bandung. Sosio Konsepsia, 6(01), 1–17.

Teofanda, R. (2020). Intensitas Bermain Game Online Mobile Playeruknown’s battleground (PUBG) dengan Kecenderungan Agresivitas pada Dewasa Awal. 21(1), 1–9.

Trisnawati, J., Nauli, F., & Agrina. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif remaja di smk negeri 2 pekanbaru. Jom Psik, 1(2), 1–9.

Utomo, A. (2014). Hubungan antara Bermain Game Online dengan Perilaku Agresif Anak di Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–23.


Article Metrics

Abstract view : 3671 times
PDF - 1123 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.1.2021.235-242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.