Asertif Training Berpengaruh terhadap Perilaku Agresif Narapidana Remaja

Sri Eka Wahyuni(1*), Wardiyah Daulay(2), Mahnum Lailan Nasution(3), Jenny Marlindawani Purba(4)


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(3) Universitas Sumatera Utara
(4) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja merupakan masa krisis pada kehidupan manusia. Tindakan kriminal dan agresif remaja seperti kenakalan, perkelahian, pencurian, tindakan asusila, penyalahgunaan zat merupakan faktor penyebab remaja mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Remaja yang berstatus narapidana juga merupakan generasi bangsa yang perlu dibantu dalam berperilaku adaptif agar terhindar dari kasus kasus hukum yang merugikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi prilaku agresif pada remaja narapidana adalah dengan pemberian intervensi asertif training. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh asertif training terhadap prilaku agresif narapidana remaja di Lapas Anak Kelas I Medan. Desain penelitian yang dilakukan quasi experiment. Populasi berjumlah 140 orang narapidana remaja dan sampel penelitian sebanyak 50 orang yang diambil dengan menggunakan tehnik random sampling. Sampel dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara memberikan asertif training dalam 8 sesi pada kelompok intervensi, sementara kelompok kontrol tidak diberikan intervensi apapun. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian intervensi asertif training terhadap perilaku agresif pada remaja narapidana (p-value=0,00, α. 0,05). Diharapkan intervensi asertif training tetap diberikan sebagai salah satu intervensi yang dapat dilakukan untuk mencegah prilaku agresif pada narapidana remaja di Lapas.


Keywords


agresif; asertif training; narapidana

Full Text:

PDF

References


Arif, M., Situmorang, N. Z., & Tentama, F. (2019). Bentuk-bentuk perilaku agresif pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.ISSN: 2715-7121

Arumsari, C. (2017). Strategi Konseling Latihan Asertif untuk Mereduksi Perilaku Bullying. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. DOI: https://doi.org/10.24036/020187210283-0-00.

Aruna, i nyiman yoa aruna, Suarni, ni ketut, & Antari, ni nenah madri. (2014). Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , Indonesia. (1). Retrieved from http://jurnal.upi.edu/153/view/638/efektivitas-konseling-behavioral-dengan-teknik-desensitisasi-sistematis-untuk-mereduksi-kecemasan-menghadapi-ujian(studi-eksperimen-pada-siswa-kelas-x-sma-negeri-2-singaraja-tahun-ajaran-2010

Çeçen Eroğul, A. R., & Beyhan Mayda, M. (2017). CHILDHOOD TRAUMA EXPERIENCE AND EMOTION MANAGEMENT SKILLS IN PREDICTING GENERAL PSYCHOLOGICAL HEALTH*. https://doi.org/10.20472/iac.2016.023.023

Choirunissa, R., Syamsiah, S., & Komala, I. R. (2020). Analisis Deteksi Dini Kesehatan jiwa Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Repository Universitas Nasional Jakarta. ISSN: 2723-6463

Fathoni Tri Arifin, & Lukitaningsih, R. (2016). Study of Student ’ S Aggressif Behavior of High School. Jurnal Bk, 06(02), 1–6.

Konseling, B., & Matappa, S. A. (2019). Indonesia Journal of Learning Education and Counseling. 1(2), 94–101. https://doi.org/10.31960/ ijolec.v1i2.60

Peers, C., Ips, X. I., In, S., & Prastiwi, A. N. Y. (n.d.). Penerapan strategi. 399–405.

Rahmawati, A., & Asyanti, S. (2017). Fenomena perilaku agresif pada remaja dan penanganan secara psikologis. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi. ISBN: 978-602-361-068-6

Ramadhini, P. S., & Santoso, M. B. (2019). Assertveness Training Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Narapidana Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 169. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i2.21905

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling (Semarang).

Selfi, S. (2017). Penerapan teknik assertive training dalam mereduksi konformitas negatif terhadap kelompok sebaya di SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 153. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3581

Situmorang, D. D. B., Mulawarman, M., & Wibowo, M. E. (2018). Effect of assertive training on cyber bullying behavior for students. Konselor, 7(2), 40. https://doi.org/10.24036/020187210294-0-00

Sriyanto, -, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.22146/jpsi.6959

Wahyuningsih, D., Keliat, B. A., & Hastono, S. P. (2011). Penurunan Perilaku Kekerasan Pada Klien Skizoprenia Dengan Assertiveness Training. Jurnal Keperawatan Indonesia, 14(1), 51–56. https://doi.org/10.7454/jki.v14i1.57

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2019). Efektivitas Terapi Kelompok Assertiveness Training terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif pada Remaja dengan Perilaku Agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.229-236


Article Metrics

Abstract view : 686 times
PDF - 160 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.391-398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.