Tingkat Stres Berhubungan dengan Kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Lamogia Angelin(1*), Syenshie Virgini Wetik(2), Pondaag Ansye Ferlan(3)


(1) Universitas Katolik De La Salle Manado
(2) Universitas Katolik De La Salle Manado
(3) Universitas Sam Ratulangi Manado
(*) Corresponding Author

Abstract


Generalazied Anxiety Disorder (GAD) sering terjadi pada mahasiswa tingkat akhir akibat dari stres yang dirasakan. Apabila tidak teratasi maka berdampak pada kondisi fisik, mental, emosional dan sosial mahasiswa selama proses penyusunan tugas akhir. Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan kejadian GAD pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling (n=106) responden dengan uji spearman. Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kejadian GAD pada mahasiswa tingkat akhir dengan memperoleh nilai r koefisien 0,535 yang menunjukkan korelasi hubungan kuat dan nilai p=0,000 < 0,05. Dengan demikian bahwa terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres dengan kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada mahasiswa tingkat akhir.


Keywords


generalized anxiety disorder; mahasiswa tingkat akhir; tingkat stres

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. MEDISAINS, 16(2), 67. https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522

Artifasari, A. (2020). Hubungan Stresor Psikososial dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Akademi Keperawatan Batari Toja Watampone Yang Akan Menghadapi Ujian Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(1), 69–73. https://doi.org/10.35892/jikd.v15i1.332

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Chang, S., Abdin, E., Shafie, S., Sambasivam, R., Vaingankar, J. A., Ma, S., Chong, S. A., & Subramaniam, M. (2019). Prevalence and correlates of generalized anxiety disorder in Singapore: Results from the second Singapore Mental Health Study. Journal of Anxiety Disorders, 66, 102106. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2019.102106

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 36. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015

Hamblin, E. K. (2018). Stress in College Students: Associations With Anxiety And Perfectionism. University of Mississipp, 43.

Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (n.d.). Pengaruh Tingkat Gejala Kecemasan terhadap Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 7.

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Ismiati. (2015). Problematika Dan Coping Stres Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Ar-Raniry dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Bayan, 21(2). http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v21i32.420

Jati, N., Hashina, A., & Kesuma, R. (2019, July 11). Program dan Kebijakan Kesehatan Mental, Tanggung Jawab Siapa? Program Dan Kebijakan Kesehatan Mental, Tanggung Jawab Siapa? https://www.economica.id/2019/10/07/program-dan-kebijakan-kesehatan-mental-tanggung-jawab-siapa/

Syarif, A. S. S. (2019). Upaya Mengatasi Anxiety Disorder pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/nm7sj

Thinagar, M., & Westa, W. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Intisari Sains Medis, 8(3), 181–183. http://dx.doi.org/10.15562/ism.v8i3.122

Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2017). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107. https://doi.org/10.26891/JIK.v9i2.2015.107-113

WHO. (2015). Global School-based Student Health Survey. WHO. http://www.who.int/chp/gshs/en/


Article Metrics

Abstract view : 3496 times
PDF - 630 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.399-408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.