Tingkat Stres Berhubungan dengan Kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada Mahasiswa Tingkat Akhir
(1) Universitas Katolik De La Salle Manado
(2) Universitas Katolik De La Salle Manado
(3) Universitas Sam Ratulangi Manado
(*) Corresponding Author
Abstract
Generalazied Anxiety Disorder (GAD) sering terjadi pada mahasiswa tingkat akhir akibat dari stres yang dirasakan. Apabila tidak teratasi maka berdampak pada kondisi fisik, mental, emosional dan sosial mahasiswa selama proses penyusunan tugas akhir. Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan kejadian GAD pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling (n=106) responden dengan uji spearman. Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kejadian GAD pada mahasiswa tingkat akhir dengan memperoleh nilai r koefisien 0,535 yang menunjukkan korelasi hubungan kuat dan nilai p=0,000 < 0,05. Dengan demikian bahwa terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres dengan kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada mahasiswa tingkat akhir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. MEDISAINS, 16(2), 67. https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522
Artifasari, A. (2020). Hubungan Stresor Psikososial dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Akademi Keperawatan Batari Toja Watampone Yang Akan Menghadapi Ujian Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(1), 69–73. https://doi.org/10.35892/jikd.v15i1.332
Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Chang, S., Abdin, E., Shafie, S., Sambasivam, R., Vaingankar, J. A., Ma, S., Chong, S. A., & Subramaniam, M. (2019). Prevalence and correlates of generalized anxiety disorder in Singapore: Results from the second Singapore Mental Health Study. Journal of Anxiety Disorders, 66, 102106. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2019.102106
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 36. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015
Hamblin, E. K. (2018). Stress in College Students: Associations With Anxiety And Perfectionism. University of Mississipp, 43.
Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (n.d.). Pengaruh Tingkat Gejala Kecemasan terhadap Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 7.
Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260
Ismiati. (2015). Problematika Dan Coping Stres Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Ar-Raniry dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Bayan, 21(2). http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v21i32.420
Jati, N., Hashina, A., & Kesuma, R. (2019, July 11). Program dan Kebijakan Kesehatan Mental, Tanggung Jawab Siapa? Program Dan Kebijakan Kesehatan Mental, Tanggung Jawab Siapa? https://www.economica.id/2019/10/07/program-dan-kebijakan-kesehatan-mental-tanggung-jawab-siapa/
Syarif, A. S. S. (2019). Upaya Mengatasi Anxiety Disorder pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/nm7sj
Thinagar, M., & Westa, W. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Intisari Sains Medis, 8(3), 181–183. http://dx.doi.org/10.15562/ism.v8i3.122
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2017). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107. https://doi.org/10.26891/JIK.v9i2.2015.107-113
WHO. (2015). Global School-based Student Health Survey. WHO. http://www.who.int/chp/gshs/en/
Article Metrics
Abstract view : 3496 timesPDF - 630 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.399-408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.