Systematic Review: Efektivitas Beberapa Metode Pendidikan Kesehatan Program Pencegahan Kanker Payudara terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Remaja tentang Sadari

Andre Utama Saputra(1*), Budhi Mulyadi(2), Banowo Sri Banowo(3)


(1) Universitas Andalas
(2) STIKES Indonesia
(3) Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

Abstract


Kanker payudara merupakan penyakit dengan angka kematian yang tinggi terutama pada wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan beberapa metode Pendidikan Kesehatan program pencegahan kanker payudara terhadap pengetahuan, sikap dan Tindakan remaja tentang SADARI. Metode penelitian dimulai dengan pencarian data menggunakan Science Direct, Taylor & Francis Online (Tandfonline), PubMed, DOAJ dan SAGE dimulai dari tahun 2015-2020 dengan jumlah 1361 artikel. Artikel dicari dengan kata kunci “actions” and “attitudes” and “breast cancer” and  “breast self-examination” and “Health Education” and “knowledge” and “Youth Adolescents” or “ Teenager” and “demonstrations” and “ lectures” and  “seminars” and  “peer education.”. Ditemukan 16 artikel memenuhi kriteria yang dinilai menggunakan the JBI critical appraisal tools. Keseluruhan artikel menyebutkan bahwa beberapa media efektif terhadap sikap, tindakan dan pengetahuan dalam pencegahan kanker payudara terutama pada remaja putri. Penggunaan metode pendidikan kesehatan yang efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan yaitu ceramah dan demonstrasi. Kesimpulan dari telaah artikel ini adalah metode Pendidikan Kesehatan terbukti efektif terhadap pencegahan kanker payudara dalam hal pengetahuan, sikap dan Tindakan  remaja tentang sadari.


Keywords


kanker payudara; metode pendidikan kesehatan; pengetahuan; remaja putri; sikap; tindakan

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018a). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care, 2, 162–174.

Afifah, A. (2016). Teori Tindakan Sosial Max Weber.

Afiyanti, Y., Rachmawati, I. N., & Milanti, A. (2015). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Bidang Keperawatan dan Kesehatan Persiapan Hingga Publikasi (1st ed.). Rajawali Pers.

Bilgic, N., & Gunay, T. (2014). A method for supporting smoking cessation in adolescents: Peer education. Turk Toraks Dergisi, 15(3), 102–105. https://doi.org/10.5152/ttd.2013.27

BKKBN. (2017). Infodatin : Situasi Kesehatan (p. 1). Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Black & Hawks. (2014). Keperawatan Medikal Bedah Manajemen Klinis Untuk Hasil yang Diharapkan (E. A. Suslia, F. Ganiarji, P. P. Lestari, & A. R. W. Sari (ed.); 8th ed.). Elsevier.

Canadian Cancer Society. (2018). Symptoms Breast cancer.

Cancer Research UK. (2017). What is advanced breast cancer _ Cancer Research UK.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. AV Publisher.

Departemen Kesehatan RI. (2015). Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara. April, 1–47. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Farshid, G. (2014). The Normal Breast and Risk Factors for Breast Cancer. In Pathobiology of Human Disease: A Dynamic Encyclopedia of Disease Mechanisms. Published by Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-386456-7.03201-9

Fitria, N. (2020). Tinjauan Sistimatis Literatur Di Bidang Kesehatan. Andalas University Press.

Gharieb Moustafa, D. (2015). Effect of a Breast-Self Examination (BSE) Educational Intervention among Female University Students. American Journal of Nursing Science, 4(4), 159. https://doi.org/10.11648/j.ajns.20150404.13

Grabsch, B., Clarke, D. M., Love, A., McKenzie, D. P., Snyder, R. D., Bloch, S., Smith, G., & Kissane, D. W. (2006). Psychological morbidity and quality of life in women with advanced breast cancer: a cross-sectional survey. Palliative & Supportive Care, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.1017/S1478951506060068

Ouyang, Y. Q., & Hu, X. (2014). The effect of breast cancer health education on the knowledge, attitudes, and practice: A community health center catchment area. Journal of Cancer Education, 29(2), 375–381. https://doi.org/10.1007/s13187-014-0622-1

Peacock, J. (2001). Breast Cancer.

Pender,N, Mardaugh,C.L and Parsons, M. . (2015). Health Promotion in Nursing Practice (Seventh Ed). Person Education,Inc.

Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. (2014). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rasjidi, I. (2009). Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker pada Wanita (1st ed). Sagung Seto.

Susilowati, & Dwi, M. (2016). Promosi kesehatan. Kemenkes RI.

Thomas, S. T., & Ende, M. (2020). Peer Group Education Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Sadari Remaja Putri SMAKN. 2(6), 27–35.

Triwibowo, C., & Pusphandani, M. E. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika.

Wantini, N. A., & Indrayani, N. (2018). Dampak intervenssi pendidikan kesehatan kanker payudara pada remaja putri di SMA Negri 1 Turi , Sleman, DIY. 3(1).

Wawan, A., & Dewi, M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

World Health Organization. (2020). Breast cancer: prevention and control.

World Health Organization; (WHO). (2018). Cancer.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.); Pertama). Prenadamedia Group.

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang SADARI Di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes : The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 6(2), 116–128. https://doi.org/10.20473/jpk.V6.I2.2018.116-128


Article Metrics

Abstract view : 4286 times
PDF - 1269 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.365-380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.