Faktor yang Mempengaruhi Resiko Perilaku Adiksi Bermain Game Online pada Remaja Siswa
(1) Sarjana Keperawatan dan Prodi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari
(2) Diploma III Keperawatan, Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Gunung Sari
(3) Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari
(*) Corresponding Author
Abstract
Perilaku adiksi menjadi salah satu akibat yang akan timbul Ketika anak selalu bermain Game online sampai lupa waktu dimana telah membuat siswa menjadi teradiksi atau kecanduan, karena permainan yang penuh tantangan sehingga membuat si pemain semakin penasaran dan merasa gengsi jika tidak bermain game online sehari. Orangtua yang terlalu memanjakan anak dan kurangnya pengawasan orangtua akibat kesibukan pekerjaan sehingga kurang memperhatikan anaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui factor yang yang mempengaruhi resiko perilaku adiksi bermain game online pada remaja siswa di SMA Negeri 10 Gowa Kabupaten Gowa. Desaian penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan ”cross sectional” dengan pendekatan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan/tujuan tertentu. Jumlah Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 anak. Teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian data di analisis dengan memakai analisiswa univariat dan bivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh lingkungan terhadap resiko perilaku adiksi bermain game online pada remaja siswa (p value=0,0005). ada pengaruh kegiatan terhadap resiko perilaku adiksi bermain game online pada remaja siswa (pvalue= 0,000), ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap resiko perilaku adiksi game online pada remaja siswa (p value = 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variable lingkungan, aktivitas, dan pola asuh orang tua mempengaruhi resiko perilaku adiksi terhadap permainan game online pada remaja siswa di SMA Negeri 10 Gowa Kab.Gowa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Efendi, N. . (2014). Faktor Penyebab Bermain Game Online Dan Dampak Negatifnya Bagi Pelajar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Elizabet, & Hurlock. (2000). Perkembangan Anak. In Perkembangan Anak (VI). Erlangga.
Kuss, & Griffiths. (2012). Adolescent Online Gaming Addiction. Education and Health.
Nurmandia, H. (2013). Hubungan Antara Kemampuan Sosialisasi Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. [Skripsi]. Fakultas Psikologi Universitas Darul ‘Ulum.
Pratama, M. (2016). Cara Mengatasi Kecanduan Game.
Santoso. (2013). Perilaku Kecanduan Permainan Internet Dn Factor Penyebabnya Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jatisrono Kaupaten Wonogiri. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang.
Syahran. (2015). Ketergantngan online game dan penanganannya. Bimbingan Dan Konseling: Universitas Tadulako.
Tridhananto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Alex Media Kompotindo.
Utomo, R. . (2017). Pasar Game Indonesia Salah Satu Tertinggi Sedunia.
Article Metrics
Abstract view : 2030 timesPDF - 483 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.629-636
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.