Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Slow Learners melalui Implementasi Guided Project Based E-Learning

Sri Lestari(1), Wasilatul Murtafiah(2), Rischa Pramudia Trisnani(3*), Fida Chasanatun(4)


(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(4) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil belajar mahasiswa slow learner melalui implementasi Guided Project Based E-Learning pada perkuliahan pengembangan Profesi Guru.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis eksploratif. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa slow learner di program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Universitas PGRI Madiun. Subjek penelitian adalah 2 mahasiswa dengan inisial WS dan AZR, yang dipilih berdasarkan hasil psikotes dan wawancara. Pengumpulan data penelitian ini melalui metode tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WS dan AZR mampu mengerjakan tugas dengan cukup baik sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. WS mampu merangkum dengan baik mengenai materi yang telah disampaikan sedangkan AZR mampu menjelaskan kembali melalui bentuk rekaman materi perkuliahan dengan cukup baik. Sedangkan pada hasil tes, kedua mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, namun masih ada kemiripan yang tinggi dengan sumber di internet.


Keywords


guided project based learning; hasil belajar; slow learner

Full Text:

PDF

References


Andayani, M. . (2016). Pemberdayaan dan pendampingan komunitas penyandang disabilitas dalam mengakses Pendidikan tinggi. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(2), 153–166.

Baskan, A.G. & Erduran, Y. (2009). Major issues of educational reform in China and Russian federation in the last decades of 20th century. Cypriot Journal of Educational Sciences, 4(3).

Grant. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recomandation. Meredian A Middle School Computer Technologies, 5.

Hartini, A., Widyaningtyas, D., Mashuluhah, M. . (2017). Learning Strategi For Slow Learners Using The Project Based Learning Model In Primary School. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(1), 029–039.

Huspian, Alis. Tat, M. R. (1998). Integrated Education of Slow-learner Students. Education Ministry of Iran.

Khatoon, S. & M. A. (2010). An Innovatife Collaborative Group Learning Strategy for Improving learning Achievement of Slow Learners. Journal of Research and Reflections in Education, 4(2), 142–160.

Kurniawan, R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Guided Project Based Learning untuk mahasiswa Slow Learner. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 144–154.

Novembli, M. . & A. N. (2020). Bagaimana self-efficacy calon guru siswa dengan disabilitas di sekolah inklusi?: Studi di berbagai Perguruan Tinggi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia., 9(1), 51–66.

Slow Learners and Advanced Learners in Higher Education System, (2020). https://www.researchgate.net/publication/342764317_Slow_Learners_and_Advanced_Learners_in_Higher_Education_System

Rashmi Rekha Borah. (2013). Slow Learners: Role of Teachers and Guardians in Honing their Hidden Skills. International Journal of Educational Planning & Administration, 3(2), 139–144.

Rasmitadila, Z. and E. B. (2017). Peers’ Instructional Interactions in Inclusive Classrooms: Slow Learner Students and Typical Students. International Journal of Multidisciplinary and Current Research, 5.

Rosada, U., D. (2016). Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services to Slow Learner Student. GUIDENA. Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 61–69.

Rosdiana, L. . (2017). Studi kasus pada mahasiswa slow learner dalam menyimak mata kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1).

Sunaryo. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). (Paper Retrieved from File.Upi.Edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/1956072219. 27.02.2016).


Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 79 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.657-664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.