Tingkat Spiritual Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat IV S1 Keperawatan
(1) Program Studi D3 Keperawatan, STIKES Banyuwangi
(2) Program Studi D3 Keperawatan, STIKES Banyuwangi
(3) Program Studi D3 Keperawatan, STIKES Banyuwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Mahasiswa semester akhir menghadapi tekanan stres lebih berat karena tuntutan untuk menghadapi ujian akhir semester (UAS), ujian praktik, tugas – tugas akhir semester dan tuntutan menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan, dimana stres dapat disebabkan oleh rendahnya tingkat spiritualitas yang merupakan komponen penting untuk mengelola stress tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat spiritual mahasiswa dan tingkat stress mahasiswa dan hubungan keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah Study Corelation dengan menggunakan tekhnik Total Sampling sebanyak 83 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner DASS dan kuesioner DSES. Hasil analisa data setelah dilakukan uji korelasi rank spearman data menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistic Programme for Social Scient) versi 16 windows 8 dengan hasil : Significant (2-tailed) 0,000 dengan tingkat keeratan antara dua variabel sebesar -0,491. Significant (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, berarti ada hubungan yang bermakna antara dua variabel yang diukur yaitu ada Hubungan Tingkat Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat IV S1 Keperawatan STIKES Banyuwangi Tahun 2021.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adami, Ahmad, A. A., & Ambotang, A. S. Bin. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Persekitaran Keluarga Terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH). https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i5.407
Aditama, D. (2017). Hubungan antara spiritualitas dan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. X(2), 39–62.
Adyatma, M. A., Murtaqib, & Setioputro, B. (2019). Hubungan Spiritualitas dengan Stres Pada Penderita Hipertensi di Poli Jantung RSU dr. H. Koesnadi - Bondowoso (The Correlation between Spirituality and Stress in Hypertension Patiens at Cardiology Unit of dr. H. Koesnadi Hospital - Bondowoso). E-Journal Pustaka Kesehatan, 7(2), 88–96.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA. Jurnal Keperawatan Jiwa. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Anelia, N. (2012). Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Reguler Program Profesi Ners Fik Ui Tahun Akademik 2011/2012. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia, 3.
Aswandi, F., Nurfianti, A., & Ernawati. (2017). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal ProNer.
Augesti. (2017). Musik Klasik Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Yang Akan Menghadapi Ujian. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro).
Cahyani, & Aji, A. G. H. S. (2020). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stresor Mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi.
Fahmi, A. Y., Dwidiyanti, M., & Wijayanti, D. Y. (2019). Effects of Peer Support Group on Stress Level among First Semester Nursing Students. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 107–115. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.235
Indonesia, N. R. (2014). UU 38 TAHUN 2014, Keperawatan.
King. (2011). Pengaruh Relaksasi Spiritual terhadap Perubahan Tingkat Ansietas dan Stres Pasien Tuberkulosis Paru di RS PKU Muhammadiyah Sruweng. 645–653.
Maezenbroek. (2012). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal ProNer.
Mahendra. (2019). Antropologi Keperawatan.
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). Peranan Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurtjahjanti, Asrun, M., Aspin, A., & Silondae, D. P. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Psikologi Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Halu Oleo Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Sublimapsi. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10732
Phipps. (2012). Hubungan Stres dan Kesejahteraan (Well-being) dengan Moderasi Kebersyukuran. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 178. https://doi.org/10.22146/gamajop.50121
Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977
Sarafino, & Smith. (2011). Tugas Akhir dan Faktor Stres Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia). https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.424
Setyoadi. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Kebiasaan Mencuci Tangan Pengasuh Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Kelurahan Bandarharjo. Journal of Health Education, 2(1), 39–46.
Singh, S., Singh, S. K., Manar, M. K., Kar, S. K., Gupta, A., Bajpai, P., & Sharma, N. (2018). Epidemiology of stress among nursing undergraduate students. Indian Journal of Community Health, 30(3), 233–238.
Trianawari, Wahyudi, R., Nazriati, E, Bebasari, E., Pathmanathan, Vilaseeni V, dr. M. H. S. K., & Marbun, Agnes Putri, et al. (2018). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Program Transfer Keperawatan yang Sedang Menyusun Skripsi. Researchgate.
Utami, Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Psychological Well-Being And Level Of Stress Among The Last Year College Students. 1, 127–134.
Article Metrics
Abstract view : 978 timesPDF - 513 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.127-136
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.