Kecerdasan Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa

Endang Mei Yunalia(1*), Indah Jayani(2), Idola Perdana Sulistyoning Suharto(3), Septi Susilowati(4)


(1) Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
(2) Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
(3) Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
(4) Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Stres akademik juga merupakan suatu kondisi tekanan mental yang berhubungan dengan frustasi atas kegagalan akademik atau kondisi dimana terdapat kekhawatiran terhadap peristiwa kegagalan akademik. Stres akademik ini dipengerahuhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kecerdasan emosional dan mekanisme koping seseorang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan mekanisme koping dengan tingkat stres akademik mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional yang  dilakukan pada 183 responden di Universitas Kadiri yang dipilah menggunakan metode simple random sampling. instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner kecerdasan emosional yang diadaptasi dari Teori Goleman, Cope Scale untuk mengukur mekanisme koping, dan Gadzella Student-life Stress Inventory untuk mengukur tingkat stress akademik. Selanjutnya data yang didapatkan diuji menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil uji statistik tentang hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik mahasiswa diperoleh p-value 0,000 (α = 0,05) yang berarti terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik mahasiswa. Sedangkan hasil uji statistik hubungan mekanisme koping dengan stres akademik mahasiswa diperoleh p-value 0,007 (α = 0,05) yang berarti terdapat hubungan mekanisme koping dengan stres akademik mahasiswa.

 


Keywords


kecerdasan emosional; mekanisme koping; stres akademik

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.art.p241-250

Ahmad, A. A., & Ambotang, A. S. Bin. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Persekitaran Keluarga Terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i5.407

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

Azahra, J. S. (2017). Hubungan antara Stres Akademik dengan Coping Stress pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi: Vol. Skripsi (Issue Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta).

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19 Mufadhal. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99.

Bawuna, N., Rottie, J., & Onibala, F. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(2), 107578.

Chen, Y., Peng, Y., & Fang, P. (2016). Emotional Intelligence Mediates the Relationship between Age and Subjective Well-Being. The International Journal of Aging and Human Development, 83(2), 91–107. https://doi.org/10.1177/0091415016648705

Esnaola, I., Revuelta, L., Ros, I., & Sarasa, M. (2017). The Development of Emotional Intelligence in Adolescence. Anales de Psicología, 33(2), 327–333.

Fernández-Berrocal, P., & Extremera, N. (2016). Ability Emotional Intelligence, Depression, and Well-Being. Emotion Review, 8(4), 311–315. https://doi.org/10.1177/1754073916650494

Geeta Jain, & Manisha Singhai. (2017). Academic stress amongst students: A review of literature. Prestige E-Journal of Management and Research, 4(2), 58–67. http://pimrindore.ac.in/vol4-issue2-vol5-issue1/5.Academic Stress Amongst Students A Review Of Literature.pdf

Habeeb, K. A. (2010). Prevalence of stressors among female medical students, Taibah University. Journal of Taibah University Medical Sciences, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.1016/s1658-3612(10)70140-2

Hidayah, N., Muhammad Ikram, R., Sutria, E., Studi, P. S., & UIN Alauddin Makassar, F. (2020). Tingkat Stress dan Strategi Koping Mahasiswa Keperawatan di Masa Pandemi Covid-19. Variansi, 184–192. https://ojs.unm.ac.id/variansistatistika/article/view/19505

Illahi, U., Neviyarni, S., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(November), 68–74.

Indrariyani, N. M. W., & Supriyadi. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190–202.

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Latantsa, F. (2016). Hubungan Tingkat Spiritualitas Dengan Tingkat Kecemasan Dan Mekanisme Koping Mahasiswa Tingkat Pertama FKIK UMY 2015/2016. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7320

Lombu, I. P. S. (2015). Hubungan Tingkat Stres dengan Strategi Koping Mahasiswa Reguler Profesi Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101.

Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 183. https://doi.org/10.22373/je.v2i2.815

P. Anitha, & Jebaseelan, A. U. S. (2014). A Study On Emotional Intelligence Among Adolescent Women College Students At Tiruchirapalli. Indian Journal Of Applied Research, 4(12), 175–177.

Sadiyah, M. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang.

Sahputra, D., Syahniar, & Marjohan. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182–193.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386

Sofyanti, R., & Prihastuti. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Islam Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 06, 24–39. http://repository.unair.ac.id/77809/

Wijaya, P. N., Pamungkas, N. A. M., & Pramesta, D. K. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Stres Akademik pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi Dan School From Home. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar,” 2–6.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020a). Emotional Intelligence Correlation with Self Efficacy in Adolescent. Media Keperawatan Indonesia, 3(3), 137. https://doi.org/10.26714/mki.3.3.2020.137-143

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020b). Emotional Intelligence on Peer Conformity in Late Adolescence. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1724–1731. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.502

Yunia, S. A. P., Liyanovitasari, & Saparwati, M. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional debgan Kenakalan Remaja pada Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 55–64.


Article Metrics

Abstract view : 3553 times
PDF - 1294 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.4.2021.869-878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.