Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Remaja di SMP Negeri “X” Banjarbaru

Syifa Nisrina(1*), Dhian Ririn Lestari(2), Kurnia Rachmawati(3)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecanduan game online merupakan suatu permasalahan mental yang terjadi akibat semakin tingginya intensitas bermain game online. Perilaku agresif merupakan tindakan negatif yang cenderung menyakiti dan melukai seseorang sengaja baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif remaja di SMP Negeri “X” Banjarbaru. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental. Sampel berjumlah 72 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Sebagian besar responden tidak mengalami kecanduan game online (66,7%). Sebagian besar responden memiliki kategori sedang dalam perilaku agresif (66,7%). Hasil uji korelasi didapatkan tidak ada hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif remaja di SMP Negeri “X” Banjarbaru (p=0,343 (>0,05) dan r=0,113). Perilaku agresif tidak serta merta dihasilkan dari menikmati bermain game online. Banyak faktor baik internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi terjadinya perilaku agresif pada remaja.


Keywords


game online; kecanduan; perilaku agresif; remaja

Full Text:

PDF

References


Adhia, Aida. 2017. “Perilaku Pemanfaatan Waktu Luang Di Kalangan Siswa SMP Dan SMA Di Surabaya.” Universitas Airlangga.

Afiah, Nur. 2015. “Kepribadian Dan Agresivitas Dalam Berbagai Budaya.” Buletin Psikologi 23(1):13.

Anggreyani, Rainatha, Nopi Nur Khasanah, and Herry Susanto. 2020. “Game Online Berhubungan Dengan Perilaku Agresivitas Pada Remaja: Sebuah Studi Di Game Center Semarang.” Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel 14(1):1.

APJII. 2018. “Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia.” Apjii 51.

APJII. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 1–146.

Arifin, Fathoni Tri, and Lukitaningsih Retno. 2016. “Studi Kasus Perilaku Agresif SIswa SMTA Se-Kecamatan Badegan Kabupaten Wonosobo.” Jurnal BK 06(02):1–6.

Azizah. 2013. “Kebahagiaan Dan Permasalahan Di Usia Remaja (Penggunaan Informasi Dalam Pelayanan Bimbingan Individual).” KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(2):295–316.

Badan Pusat Statistik. 2018. “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018.” 1–349.

Badan Pusat Statistik. 2019. “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019.”

Badriyah, Lailatul. 2018. “Sikap Mengontrol Diri Dalam Menurunkan Kecenderungan Berperilaku Agresif Pada Remaja.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 18(1):13–23.

Bararah, Minnatul Bariyah Qomariyatul. 2020. “Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Pengguna Smarthphone Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 3 Situbono.” Universitas Jember.

Buss, Arnold H., and Mark Perry. 1992. “The Aggression Questionnaire.” Journal of Personality and Social Psychology 63(3):452–59.

Febriana, Putri, and Nina Zulida Situmorang. 2019. “Mengapa Remaja Agresi?” Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan 1(1):16–21.

Febriandari, Dona, Fathra Annis Nauli, and Siti Rahmalia. 2016. “Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja.” Jurnal Keperawtan Jiwa 4(1):50–56.

Ferdiansa, Geandra, and S. Neviyarni. 2020. “Analisis Perilaku Agresif Siswa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 5(2):8–12.

Fitrotunnisa, Windi Yuli Utami Feronika Ana. 2017. “Hubungan Frekuensi Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Kelas XI IPA Dan XI IPS Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.” Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.

Haekal, Mohammad. 2017. “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Terjadinya Stres, Depresi, Social Phobia, Gangguan Tidur Serta Perilaku Agresif.” Universitas Sumatera Utara.

Ikbal, Iik, W. Wikanengsih, and Muhamad Rezza Septian. 2021. “Profil Tingkat Kecanduan Game Online Peserta Didik Kelas X MA Plus Al Mujammil Garut.” FOKUS 4(1):56–65.

Imtiyaz, Nur. 2020. “The Study Descriptive Of Aggressive Behavior To The Students Who Are Addicted On Mobile Legends Online Game At SMP Negeri 28 Banjarmasin.” Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling 3(3):173–80.

Isrofin, Binti. 2013. “Efektivitas Pelatihan Pengelolaan Marah Dengan Pendekatan Kognitif Behavior Modification Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa.” Jurusan Bimbingan Dan Konseling Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang 122–33.

Jap, Tjibeng, Sri Tiatri, Edo Sebastian Jaya, and Mekar Sari Suteja. 2013. “The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire.” PLoS ONE 8(4):4–8.

Lebho, Maria Agustina, M. Dinah Ch. Lerik, R. Pasifikus Christa Wijaya, and Serlie K. A. Littik. 2020. “Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Kesepian Dan Kebutuhan Berafiliasi Pada Remaja.” Journal of Health and Behavioral Science 2(3):202–12.

Lemmens, Jeroen S., Patti M. Valkenburg, and Jochen Peter. 2009. “Development and Validation of a Game Addiction Scale for Adolescents.” Media Psychology 12(1):77–95.

Merdekasari, Arih, and Moh Toriqul Chaer. 2017. “Perbedaan Perilaku Agresi Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan Di SMPN 1 Kasreman Ngawi.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling 3(1):53–60.

Mujati, Anhar. 2018. “Preferensi Perilaku Agresi Mahasiswa Pemain DOTA2.” Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurnainah, Asneni Palembai, and Jumasnatang. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Resiko Perilaku Adiksi Bermain Game Online Pada Remaja Siswa.” Jurnal Keperawatan Jiwa (JKI): Perawat Persatuan Nasional Indonesia 9(3):629–36.

Paramita, Sila, and Naomi Soetikno. 2018. “Perilaku Agresi Anak Usia Menengah Dan Remaja Ditinjau Dari Attachment Orangtua-Anak.” Journal Psikogenesis 5(1):1–12.

Pirantika, Anggit, and Rosalia Susila Purwanti. 2017. “Adiksi Bermain Game Online Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Bajing 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.” 2(2):35–43.

Rahmawati, Adelina, and Setia Asyanti. 2017. “Fenomena Perilaku Agresif Pada Remaja Dan Penanganan Secara Psikologis.” Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi.

Rangkuti, Rahmi Putri, Indri Kemala Nasution, and Rahma Yurliani. 2021. “Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Remaja Selama Masa Pandemi COVID-19.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional 2(1):1–48.

Sari, Mariaty Indah, Rosmawati, and Tri Umari. 2018. “Kecanduan Game Online Dan Masalah-Masalah Yang Dialami Siswa Di Sma Negeri 12 Pekanbaru.” Jom Fkip 5(2):1–15.

Sari, Sri Yulia. 2017. “Tinjauan Perkembangan Psikologi Manusia Pada Usia Kanak-Kanak Dan Remaja.” Primary Education Journal (PEJ) 1(1):46–50.

Sekar, Putri Rahmaning. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Remaja.” Psyche 165 Journal 14(1):27–31.

Siddiqah, Laela. 2010. “Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management).” Jurnal Psikologi 37(1):50–64.

Suplig, Maurice. 2017. “Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar.” Jurnal Jaffray 15(2):177–200.

Suryanto, Rahmad Nico. 2015. “Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online Dikalangan Pelajar.” Jom FISIP 2(2):1–27.

Trisnani, Rischa Pramudia, and Silvia Yula Wardani. 2018. “Peran Konselor Sebaya Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Anak.” Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiolog 2(2):71–80.

Yunalia, Endang Mei, and Arif Nurma Etika. 2020. “Analisis Perilaku Agresif Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama.” JHeS (Journal of Health Studies) 4(1):38–45.


Article Metrics

Abstract view : 1104 times
PDF - 277 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.247-260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.