Tingkat Stres Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Daring dengan Prestasi Sekolah Anak Selama Pandemi

Sawiji Sawiji(1*), Indra Gunawan(2), Ike Mardiati Agustin(3)


(1) Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(2) Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(3) Program Studi Keperawatan Program Diploma III, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada pandemi ini banyak memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya pada bidang pendidikan yang mewajibkan para siswa untuk melakukan proses belajar secara daring. Dampak yang dihasilkan dari peraturan tersebut menyebabkan banyak orang tua yang mengalami stress karena harus mendampingi belajar anak selama dirumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan tingkat stres orang tua dalam melakukan pendampingan belajar anak selama pandemi covid 19 di SD N 2 Tanjunganom, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional pada 68 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner DASS secara online.  Analisa penelitian menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan hasil responden berjenis kelamin perempuan 36 responden (52,9 %), umur 31-40 tahun 45 responden (66,2%), pendidikan terakhir SMP 30 responden (44,1%), pekerjaan ibu rumah tangga 25 responden (36,8%). Tingkat stres orang tua ringan 26 responden (38,2%), prestasi sekolah anak nilai raport turun 46 respoden (67,6%) dan hasil uji statistik hubungan tingkat stres orang tua dengan prestasi sekolah anak didapatkan hasil p-value 0,004. Kesimpulan terdapat hubungan antara tingkat stres orang tua dalam pendampingan belajar daring dengan prestasi sekolah anak selama pandemi di SD N 2 Tanjunganom, Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.

 


Keywords


pandemic; pendampingan belajar anak; prestasi, stres

Full Text:

PDF

References


’Ulwan, Abdullah Nashih. (2012). Pendidikan Anak Dalam Islam. Insan Kamil.

Abdul, S. &. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8, 82–86.

Alimuddin1, Rahamma2, T., & M. Nadjib1. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) DI Universitas Hasanudin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4.

Anies. (2020). Seluk beluk corona virus (1st ed.). Arruz Media.

Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. : Remaja Rosda Karya.

Ashari. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. (Online). Media Pikiran Rakyat .Com.

Astita, W. (2016). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan.

Bilfaqih, Y. dan Q. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. DEEPUBLISH.

Ditjen GTK. (2016). Petunjuk Teknis Program Peningkatan Guru Pembelajar Moda dalam Jaringan (Daring). http://www.ut.ac.id/2015/salut.html.%0A%0D

Hadisi, dan M. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Hariyani, I. (2010). Restrukturisasi dan Penghapusan Kredit Macet. PT Elex Media Komputindo.

Hasanah. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1.

Hawari. (2011). manajemen stress cemas dan depresi. FKUI.

Hendri. (2914). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. . . Jurnal Media Sistem Informasi, 8.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/03/131533071/hardiknas-2020-kemendikbud-pembelajaran-sesuai-minat-dan-kondisi-siswa?page=all

Kemenkes RI. (2020a). Apakah Stres itu? P2PTM Kemenkes RI. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apakah-stres-itu

Kemenkes RI. (2020b). Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (covid-19).

Khasanah. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (01), 41–48.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers.

Kholil. (2020). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education, 3. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Corona Virus (Covid-19): Why Global Control is Challenging? Public Health, 179, A1-A2. DOI: 10.1016/J.PUHE.2020.02.001.

Lestari. (2015). Hubungan Antara Pernikahan Usia Remaja Dengan Ketahanan Keluarga. Jurnal Kesejahteraaan Keluarga Dan Pendidikan, 1, 18–25.

Manurung, N. (2016). Terapi Reminiscence. CV Trans Info Media.

Mukhlidah Hanun Siregar. (2011). Redakan Stres Dengan Makan Makanan Khusus (Nawang sawitri (ed.)). FlashBooks. www.divapress-online.com

Mustofa, Chodzirin, S. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology, 1.

Muthmainnah, M. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2920

Ni’mah. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Novrinda. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Dekanat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, 2.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika.

Prof. Dr. Imron Arifin, M. P. (2016). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang, 1, 97–98.

Purwanto, AgusRudy Pramono, M. A. C. H. M. W. S. P. B. santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Edication Psychology and Counseling, 2(Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putra, R., & I. (2020). . Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. . . Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 1–13.

Riyadi,Diananda. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1.

Riyana. (2019). . Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sari, Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., & Astari, T. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak selama Pandemi Covid-19.

Saryono. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. UPT. Percetakan dan Penerbitan UNSOED.

Satgas Covid-19. (2020). Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Komite Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selfi Lailiyatul Iftitah, M. F. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education, 4. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Seno, Z. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan ELearning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2.

Shanty, Wahyuni, & S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosia, 6, 28–29.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). ). COVID19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. /doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005 %0D

siloam hospitals. (2020). SPH-Siloam Ajak Sekolah dan Orang Tua Terapkan Pola Hidup Bersih Anak. Suara Karya .Co.Id. https://suarakarya.co.id/sph-siloam-ajak-sekolah-dan-orang-tua-terapkan-pola-hidup-bersih-anak/24231/

Suryawan. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.

Swaesti, E. (2020). Buku pedoman pencegahan dan penanganan corona virus (1st ed.). Javalitera.

Web Kemendikbud. (2020). (n.d.). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/202 0/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkanbelajar-menyenangkan-bagi-daerah-yangterapkan-belajar-di-rumah

Wenhong, Z. (2020). Panduan pencegahan dan pengawasan covid-19 (1st ed.). Papas Sinar Sinanti.

WHO. (2020). Pertanyaan jawaban terkait covid-19 untuk publik. World Health Organization.

Widiyati, T. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam (pp. 28–29).


Article Metrics

Abstract view : 933 times
PDF - 289 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.91-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.