Pijat sebagai Terapi pada Gangguan Depresi

Errix Kristian(1*), Ikha Ardianti(2)


(1) STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro
(2) STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Gangguan jiwa merupakan salah satu dari empat masalah kesehatan utama. Walaupun gangguan jiwa tidak dianggap sebagai gangguan yang menyebabkan kematian secara langsung, namun beratnya gangguan dari segi kecacatan dan kecacatan baik secara individu maupun kelompok akan menghambat perkembangan, karena tidak produktif dan tidak efisien. Masalah gangguan jiwa di masyarakat yang sering muncul sangat beragam, salah satunya adalah depresi. Di sebagian besar daerah di Indonesia, pengobatan alternatif memiliki daya tarik tersendiri karena dianggap aman dan tidak banyak menimbulkan efek samping). Saat ini, pijat (Massage) memang menjadi trend dan banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya untuk penyakit fisik, ternyata pijat juga bisa digunakan sebagai terapi yang berhubungan dengan psikis. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu menggunakan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah Bapak Suntoro sebagai terapis pijat tradisional yang akan menjadi sumber data utama. Berdasarkan beberapa rangkaian metode terapi pijat Suntoro, jika dilihat dari bagian tubuh yang ditekan atau dipijat cocok dengan metode pijat titik EFT (Emotional Freedom Technique). dan gangguan jiwa. Jika bagian-bagian atau titik-titik EFT tersebut dipijat, maka perkembangan emosional dan psikologis orang tersebut akan mengalami perkembangan yang signifikan.


Keywords


depresi; pijat; obat tradisional

Full Text:

PDF

References


Alimul, H. Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan & Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Arikunto, Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Astuti, W. M., Sumarwati, M., & Setyono, T. (2010). Pengaruh terapi kognitif restrukturisasi terhadap penurunan skor depresi pada pasien gangguan jiwa. Jurnal Keperawatan Soedirman, 5(3), 164-173.

Ayuwatini, S., & Livana, P. H. (2015). Gambaran Tingkat Depresi Keluarga Pasien Gangguan Jiwa. Jurnal Keperawatan, 7(1), 7-11.

Fitriawan, dkk (2020) Sejarah Perkembangan Komunitas Pijat Tradisional Sangkal Putung Di Desa Plosorejo Dusun Gilang Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mubarak, W. (2007). Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Ghara Ilmu

Ni, Y. (2019). Pola Pengobatan Sindroma Depresi Pada Pasien Gangguan Jiwa Di Rs Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang Periode 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. (2012). Metodologi Riset Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta

_________. (2012). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam & Pariani. (2014). Pendekatan Praktis Penyusunan Metodologi Riset Keperawatan. Sagung Seto. Surabaya

Sampurna, dkk (2020) Survei Minat Dan Motivasi Masyarakat Terhadap Pijat Tradisional Di Jawa Timur Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatatif dan R & D. CV Bandung : Alfabeta

Suryani, S., Widianti, E., Hernawati, T., & Sriati, A. (2016). Psikoedukasi menurunkan tingkat depresi, stres dan kecemasan pada pasien tuberkulosis paru. Jurnal Ners, 11(1), 128-133.

Tumanduk, F. M. E., Messakh, S. T., & Sukardi, H. (2018). Hubungan Tingkat Kemampuan Perawatan Diri Dengan Tingat Depresi Pada Pasien Depresi Di Bangsal Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 9(1), 10-20.


Article Metrics

Abstract view : 718 times
PDF - 71 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.715-724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.