Terapi Bermain Lilin dan Musik terhadap Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi

Marthalena Simamora(1*), Adventy Riang Bevy Gulo(2), Jek Amidos Pardede(3), Raisya Aulia Putri(4)


(1) Program Studi Ners, Universitas Sari Mutiara Indonesia
(2) Program Studi Ners, Universitas Sari Mutiara Indonesia
(3) Program Studi Ners, Universitas Sari Mutiara Indonesia
(4) Program Studi Ners, Universitas Sari Mutiara Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Rawat inap (hospitalisasi)  merupakan situasi krisis yang dihadapi anak ketika anak dirawat di rumah sakit untuk memulihkan kesehatan anak dengan menjalani berbagai jenis perawatan seperti pemeriksaan kesehatan, pemasangan infus dan pemberian obat sampai anak dikatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, hal ini dapat mengakibatkan ketakutan dan kecemasan bagi anak serta mempengaruhi perubahan psikologis anak.  Terapi bermain lilin adalah jenis permainan keterampilan bermain yang cocok untuk anak usia pra sekolah dan dapat memberikan kesempatan anak untuk berkreasi dengan imajinasinya sendiri, yang tujuannya untuk mengalihkan perhatian anak pada permainan sehingga anak tidak fokus. terlalu banyak pada kondisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lilin dan terapi musik terhadap kecemasan anak prasekolah yang menjalani rawat inap di RSUP H. Adam Malik Medan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan one group pre and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia pra sekolah pada bulan Januari-Maret 2019 dengan rata-rata 69 pasien setiap bulannya dengan sampel yang diambil sebanyak 19 responden. penelitian ini menggunakan Paired t-test. Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kecemasan anak sebelum intervensi sebesar 39,32 dan setelah intervensi sebesar 34,37 yang menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kecemasan anak pra sekolah setelah diberikan intervensi dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Ada pengaruh yang signifikan bermain lilin dan terapi musik terhadap kecemasan anak menjalani rawat inap di RSUP H. Adam Malik Medan.


Keywords


hospitalisasi; kecemasan; terapi bermain lilin; terapi music

Full Text:

PDF

References


Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Dayani, N. E. (2015). Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan Pada Anak, 3(2), 1–15.

Depkes Ri, D. K. R. (2016). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi, D. A. I. P. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun). Skripsi.

Dewi, R. C., Okitiawati, A., & Saputri, L. Dewi. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak Dan Usia Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika.

Djohan. (2009). Psikologi Musik. Yogyakarta: Galang Press.

Fradianto, I. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Lilin Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rsud Dr. Soedarso Pontianak. Naskah Publikasi.

Haryani, S., & Arif, S. (2012). Pengaruh Terapi Bermain Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah ( 3-5tahun ) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Ejournal.

Kaluas, I. Et Al. (2015). Perbedaan Terapi Bermain Puzzle Dan Bercerita Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Selama Hospitalisasi Di Ruang Anak Rs Tk. Iii. R. W. Mongisidi Manado. Ejournal Keperawatan, 3(2), 1–8.

Nasbar, C. (2017). Skripsi Pengaruh Penerapan Atraumatic Care : Medical Play Terhadap Respon Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Hospitalisasi Di Ruang Rawat Inap Anak Rsud Dr . M . Zein Painan Tahun 2017. Skripsi.

Natalina, D. (2013). Terapi Musik Bidang Keperawatan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Saputro, Heri & Frazin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit : (E. A. Yalestyarini, Ed.) (1st Ed.). Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (Forikes).

Setiawan, D. Dkk. (2014). Keperawatan Anak Dan Tumbuh Kembang (Pengkajian Dan Pengukuran). Jakarta: Nuha Medika.

Sihombing, W. R. (2015). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah (4 - 5 Tahun) Di Rsu Sarimutiara. Skripsi.

Sitohang, N. A. (2016). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Stres Hospitalisasi Pada Anak Di Rsud.Dr. Pirngadi Medan. Jurnal Ilmu Kesehatan (Jik), Ix(1).

Soetjiningsih, I. N. G. R. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Egc.

Sufyanti, Y. A., Sudiana, I. K., Kristiawati, & Indah, D. P. (2006). Efektivitas Penurunan Stres Hospitalisasi Anak Dengan Terapi Bermain Dan Terapi Musik. Portal Garuda, 2(2), 1–7.

Suryana, D. (2012). Terapi Musik : Music Therapy. Jakarta: Create Space Independent Platform.

WHO. (2012). World Health Statistic 2012. Amerika: Who.

Widianti, C. R. (2011). Pengaruh Senam Otak Terhadap Kecemasan Akibat Hopitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Tesis.


Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 116 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.211-216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.