Pendidikan Berhubungan dengan Ansietas Orang Tua pada Anak Usia 6-11 Tahun yang akan Menerima Vaksin Covid 19
(1) Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Wira Medika Bali
(2) Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Wira Medika Bali
(*) Corresponding Author
Abstract
Masa pandemi Covid 19 kecemasan hampir dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, pemberian vaksin Covid 19 menjadi solusi meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai informasi yang muncul terkait vaksin covid 19 menyebabkan kecemasan. Pendidikan merupakan proses menempuh ilmu yang dapat membentuk sikap dan perilaku seseorang. Tujuan penelitian adalah mengetahui adakah hubungan anatara pendidikan dengan kecemasan. Metode yang digunakan adalah kuntitatif deskriptif corelasi dengan pendekatan crossectional. Responden adalah orang tua yang memiliki anak usia 6-11 tahun yang anaknya belum divaksinasi sejumlah 63 orang. Penentuan sampel denga total sampling. Lokasi penelitian di Desa Adat Peminge, Kelurahan Benoa, Kabupaten Badung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecemasan State Anxiety Inventory (S-AI). Penelitian secara online menggunakan google form. Uji analisis menggunakan rank spearment Hasil tabulasi silang terbanyak berpendidikan SMA sejumlah 38,10% mengalami kecemasan sedang. Hasil analisis diperoleh nilai p=0,001(p< α: 0,05) yang artinya pendidikan berhubungan dengan ansietas orang tua pada anak usia 6-11 tahun yang akan menerima vaksin Covid 19, hal ini diakibatkan karena adanya persepsi mengenai kecemasan berdasarkan tingkat pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyura, M. M. A. Z., Ar-Rizq, M. F., & Siagian, R. M. (2021). Analisis Perubahan Psikososial: Depresi dan Ansietas Selama Pandemi COVID-19 pada Kalangan Pelajar. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 8(3), 174–188. https://doi.org/10.53366/jimki.v8i3.316
Ayu, I. G., Satya, P., Febriana, I. W. E., Made, D., & Dwi, A. (2021). Peran Pemberian Orientasi Dalam Mengatasi Kecemasan Orang Tua Menghadapi Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 4(2), 32–37. https://doi.org/10.32584/jika.v4i2.998
Dwi Jayanti, D. M. A., & Lestari, N. K. Y. (2021). Family Psychoeducation Increases the Role of Families in Caring for People with Mental Disorders. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 8(4), 315. https://doi.org/10.21927/jnki.2020.8(4).315-321
Fadli, F., Safruddin, S., Ahmad, A. S., Sumbara, S., & Baharuddin, R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan pada Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.24546
Gass dan Curiel. (2011). Test Anxiety in Relation to Measure of Cognitive and Intellectual Functioning.
Gotlib, J., Jaworski, M., Wawrzuta, D., Sobierajski, T., & Panczyk, M. (2021). Impact of anxiety on readiness for covid-19 vaccination among polish nursing undergraduate students: Nationwide cross-sectional study. Vaccines, 9(12), 1–13. https://doi.org/10.3390/vaccines9121385
Hanggraeni, T. B., & Anggraeni, A. D. (2022). Tingkat Kecemasan Orang Tua tentang Pembelajaran Daring pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19 Parent ’ s Anxiety Level on Online Learning of Children with Special Needs during Covid-19 Pandemic. 9(1), 123–128.
Hause, A. M., Gee, J., Johnson, T., Jazwa, A., Marquez, P., Miller, E., Su, J., Shimabukuro, T. T., & Shay, D. K. (2021). Anxiety-Related Adverse Event Clusters After Janssen COVID-19 Vaccination — Five U.S. Mass Vaccination Sites, April 2021. MMWR Recommendations and Reports, 70(18), 685–688. https://doi.org/10.15585/mmwr.mm7018e3
Hawari. (2018). Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Balai Penerbit FKUI.
Horiuchi, S., Sakamoto, H., Abe, S. K., Shinohara, R., Kushima, M., Otawa, S., Yui, H., Akiyama, Y., Ooka, T., Kojima, R., Yokomichi, H., Miyake, K., Mizutani, T., & Yamagata, Z. (2021). Factors of parental COVID-19 vaccine hesitancy: A cross sectional study in Japan. PLoS ONE, 16(12 December), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0261121
Ifdil, I., Yuca, V., & Yendi, F. M. (2020). Stress and anxiety among late adulthood in Indonesia during COVID-19 outbreak. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 31–46. https://doi.org/10.29210/02020612
Institut de Publique Sondage d’Opinion Secteur. (2021). IPSOS Global Health Service Monitor 2021 (Issue November, pp. 1–32). https://www.ipsos.com/es-pe/global-health-monitor-2021
Keliat, B.A. (2016). Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa. EGC.
Keliat, Budi Anna, Marliana, T., Windarwati, H. D., Mubin, M. F., Sodikin, M. A., Kristaningsih, T., Prawiro, A., Trihadi, D., & Kembaren, L. (2020). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Jakarta, 15.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Kementerian Kesehatan RI. (2021). Question ( Faq ) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-. Kesmas, 2(1), 1–16. kesmas.kemkes.go.id
Made, D., Dwi, A., Arwidiana, D. P., & Ayu, N. K. (2022). IJNHS Five Finger Techniques with Gayatri Mantra to Reduce Anxiety of Family with Schizophrenia. 5(2), 187–194. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v5i2.568
McCormack, G. R., Doyle-Baker, P. K., Petersen, J. A., & Ghoneim, D. (2020). Parent anxiety and perceptions of their child’s physical activity and sedentary behaviour during the COVID-19 pandemic in Canada. Preventive Medicine Reports, 20, 101275. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2020.101275
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rieneka Cipta.
Panonsih, R. N., Effendi, A., Artini, I., & Permata, P. E. (2020). Hubungan Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Kualitas Hidup Gay, Transgender, dan LSL. ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(3), 219–225. https://doi.org/10.37148/arteri.v1i3.63
PDSKJI. (2022). Masalah Psikologis 2 Tahun Pandemi Covid - 19 di Indonesia Swaperiksa PDSKJI Maret 2020 - Maret 2022. http://pdskji.org/home
Setiyani, H., & Ayu, S. M. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Pada Wanita Menopause Di Desa Jobohan, Bokoharjo, Sleman 2016. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 105. https://doi.org/10.35842/mr.v14i2.179
Stuart & Laria. (2016). Principle and Practice of Psychiatric Nursing ,8th Ed. St. Mosby Year Book.
Stuart, G. . (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa. Elsevier.
Sukmawati, W., Jayanti, D., & Arwidiana, D. (2021). Pengaruh Hypnosis 5 Jari Terhadap Penurunan Tingkat Stress Pada Keluarga Pasien Skizofrenia Di Wilayah Kerja Puskesmas II Denpasar Timur. 12(2), 42–50. https://doi.org/https://doi.org/10.36089/nu.v12i2.173
Suyani. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8, 19–28.
Terlizzi, E., & Schiller, J. (2021). Estimates of mental health symptomatology, by month of interview: United States, 2019. National Center for Health Statistics, March, 2021. https://www.cdc.gov/nchs/data/nhis/mental-health-monthly-508.pdf
Winurini, S. (2020). Permasalahan Kesehatan Mental Akibat Pandemi COVID-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(15), 13–18.
Yaslina, Y., & Yunere, F. (2020). Hubungan jenis kelamin, tempat bekerja dan tingkat pendidikan dengan kecemasan perawat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622-2256, 3(1), 63–69. https://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/569/286 [Diakses 5 Juli 2021].
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 190 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.375-384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.