Hubungan Caring Behavior dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap

Amnita Anda Yanti Ginting(1*), Rotua Elvina Pakpahan(2), Mestiana Br Karo(3)


(1) Progran Studi Ners, STIKes Santa Elisabeth Medan
(2) Progran Studi Ners, STIKes Santa Elisabeth Medan
(3) Progran Studi Ners, STIKes Santa Elisabeth Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan caring behavior dengan tingkat kepuasan pasien.  Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional, jumlah responden 70 oran. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden (72,9%) menilai perilaku caring sangat baik, tingkat kepuasan sebagian besar (51,4%) merasa puas. Hasil uji korelasi Spearman Rank 0,633 artinya kedua variabel memiliki hubungan yang kuat, dengan p-value sebesar 0,001(p<0,05), ada hubungan yang signifikan antara caring behavior dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Kota. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa responden merasa sangat puas dengan pelayanan Kesehatan yang diberikan oleh perawat. Kepuasan pasien dapat ditingkatkan melalui perilaku caring perawat dalam memeberikan layanan Kesehatan.


Keywords


caring behavior; tingkat kepuasan; pasien rawat inap

Full Text:

PDF

References


Agianto, A., Noor, S., & Maria, I. (2016). the Relationship Between Caring, Comfort, and Patient Satisfaction in the Emergency Room, Ratu Zalecha Hospital, South Kalimantan, Indonesia. Belitung Nursing Journal, 2(6), 156–163. https://doi.org/10.33546/bnj.39

Akhtari-Zavare, M., Abdullah, M. Y., Abdullah, M. Y., Syed Hassan, S. T., Syed Hassan, S. T., Binti Said, S., Binti Said, S., Kamali, M., & Kamali, M. (2010). Patient satisfaction: evaluating nursing care for patients hospitalized with cancer in Tehran teaching hospitals, Iran. Global Journal of Health Science, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.5539/gjhs.v2n1p117

Creswell, J. W. (2014). Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH. Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH.

Detty, A. U. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Ruang Operasi Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Firmansyah, C. S., Noprianty, R., & Karana, I. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957.

Hayat, N., Rahmadeni, S. A., Marzuki. (2020). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Rumah Harapan Bunda Kota Batam. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5 (1) 2020.

Hidayanti, N. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Naskah Pubikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 10.

Karo, M. (2019). Caring behavior of indonesian nurses towards an enhanced nursing practice Indonesia year 2018. International Journal of Pharmaceutical Research.

Kosasih, C. A. (2018). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan dan Ketersediaan Obat Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2018.

Maay, J. K. R. (2019). The Relationship Between Nurse Caring Behavior and Patient Satisfaction Level at Inpatient Wards of Bayangkara Hospital Jayapura. Indian Jourlan of Public Health Research & Development, 8(4).

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan. http://eprints.ners.unair.ac.id/982/1/METODOLOGI PENELITIAN09162019.pdf

Polit, D., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research. In Journal of Materials Processing Technology (Vol. 1, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

RI, D. (2013). Data Dasar Puskesmas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Suweko. H & Warsito, E.W. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap : Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.10 No.1 (2019) 243-247

Swanson. (1991). Empirical development of a middle range theory of caring. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=تطبيق+منهج+تعليم+اللغة+العربية&btnG=

Utami, V. (2019). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Watson. (2009). Theory of Human Caring. Canada: Mosby Company


Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 24 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.385-392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.