Persepsi Mahasiswa Vokasi terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Teguh Wahyudi(1), Yuni Astuti(2), Cipto Cipto(3), Ajeng Titah Normawati(4*)


(1) Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
(2) Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
(3) Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
(4) Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online. Metode penelitian ini bersifat deskriptif, digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Penelitian ini melibatkan 247 responden yang dipilih secara sistematik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa memiliki skor persepsi sebesar 2,91 atau mendekati skor 3 yang artinya siswa berada pada kategori ragu-ragu dalam mengikuti pembelajaran online. Sebanyak 54,3% mahasiswa memiliki persepsi positif dalam hal pencapaian tujuan pembelajaran saat online, kesamaan materi perkuliahan antara online dan offline, sarana prasarana yang baik dari prodi, kemudahan akses internet, dan komitmen mengikuti perkuliahan online menurut Jadwal. Sebagian besar mahasiswa menilai bahwa pembelajaran online membutuhkan biaya yang mahal untuk kebutuhan kuota atau internet setiap bulannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa masih ragu untuk menerapkan pembelajaran online menggunakan e-learning.


Keywords


belajar; online; persepsi; siswa

Full Text:

PDF

References


Adiyatsa, J. M., Anggraeni, I., Nurrachmawati, A., Masyarakat, F. K., Masyarakat, F. K., & Kesehatan, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Penetapan masa darurat akibat virus corona oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak menyebarnya virus COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengenai Pembelajaran Daring dan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 104–111.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Atqia, W., Hendrawanto, Y., Pekalongan, I., Soegijapranata, U. K., Maritim, P., Indonesia, N., Km, J. P., & Tengah, J. (2021). Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19 Abstract : Lecturer and Student Perceptions of Indonesian Language Online Learning. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 92–105.

Fordjour, O., Koomson, & Hanson. (2020). The Impact of Covid-19 on Learning - The Perspective of The Ghanaian Student. European Journal of Education Sudies, 7(3), 88–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586

Hermawan, A., Ikawati, M., Kristina, S. A., & Meiyanto, E. (2019). Efektivitas Hybrid e-Learning Mata Kuliah Kimia Klinik dan Bioanalisis di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada. Ournal of Management and Pharmacy Practice, 9(3), 164–173.

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan2, 7(2).

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Nurman, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai terhadap Perkuliahan Daring sebagai Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Ners, 4(1), 81–88.

Purnawinadi, I. G. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tahap Akademik. Jurnal Skolastik Keperawatan, 7(1), 63–69. https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/2485

Puspitaningsih, D., & Rachma, S. (2020). Persepsi Metode Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Mahasiswa Stikes Majapahit. Medica Majapahit, 12(1), 59–77.

Romadhiyana Kisno Saputri, & Akhmad Al-Bari. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 676–683. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.723

Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383

Sari, E., Lufri, Andromeda, & Mufit, F. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Mikrobiologi. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 167–173.

Witari, N. N. S., & Suryana, J. (2020). Persepsi Mahasiswa Vokasi Terhadap Kegiatan Pembelajaran Mata Kuliah Teori Psikologi Komunikasi Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal IKA, 18(2), 199–214. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/30082


Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 143 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.3.2022.493-500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.