Asuhan Keperawatan Gangguan Sosialisasi: Isolasi Sosial pada Ny. Y dengan Skizofrenia

Ita Apriliyani(1*), Ririn Isma Sundari(2), Silfa Nur Fadillah(3)


(1) Universitas Harapan Bangsa
(2) Universitas Harapan Bangsa
(3) Universitas Harapan Bangsa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penderita skizofrenia sebagai gangguan jiwa yang berat dapat diidentifikasi melalui penurunan atau tidak mampu melakukan komunikasi, mengalami gangguan yang bersifat realitas (waham dan halusinasi), tidak sesuai kewajaran (tumpul), mengalami gangguan pada kognitifnya dan mempunyai kendala ketika hendak melakukan aktivitas kesehariannya. Sehingga perlu dilakukan asuhan keperawatan gangguan sosialisasi secara benar yang sesuai dengan prosedur. Tujuan penulisan yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu tujuan umum untuk menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan pada Ny. Y dengan isolasi sosial di RSUD Banyumas, sementara itu tujuan khusunya untuk mendeskripsikan pengkajian, merumuskan diagnosa keperawatan, mendeskripsikan perencanaan, tindakan keperawatan, serta evaluasi keperawatan pada Ny. Y dengan gangguan sosialisasi : isolasi sosial di Ruang Nakula RSUD Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berbentuk studi kasus. Hasil dari penelitian ini meliputi a) Pengkajian, pasien menunjukkan gejala seperti menyendiri atau lebih suka berdiam diri didalam ruangan, tidak berkomunikasi dengan orang lain, melakukan isolasi diri, tidak adanya interaksi melalui kontak mata dengan lawan bicaranya, afek yang datar, sedih, perilaku dan perhatian yang tidak cocok sesuai berkembangnya usia, berfikir menurut pikirannya sendiri, b) diagnosa, sesuai dengan data subjektif dan objektif yaitu gangguan sosialisasi : isolasi sosial, c) intervensi, disusun dengan meggunakan strategi pelaksanaan (SP), d) implementasi, disesuaikan dengan perencanaan intervensi yang sebelumnya telah ditentukaan dan telah ada penyesuaian dengan kondisi pasien isolasi sosial, dan e) evaluasi keperawatan Ny. Y, isolasi sosial tercapai dengan baik.


Keywords


gangguan jiwa sosialisasi; isolasi sosial; skizofrenia

Full Text:

PDF

References


Astuti, L. (2020). Studi Dokumentasi Isolasi Sosial Pada Pasien Dengan Skizofrenia. Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta.

Febrianti, S. (2019). Asuhan Keperawatan Pada pasien gangguan jiwa dengan halusinasi pendengaran menggunakan terapi tought stopping terhadap kemampuan mengontrol halusinasi. 1–6. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.ump.ac.id/9155/2/Siska%2520Febriyana%2520BAB%2520I.pdf&ved=2ahUKEwje3XpmNrxAhWCF3IKHVcFAEcQFnoECAoQAg&usg=AOvVaw1jJhT-xoB3ZJA3Q4DaQQ0Y

Hermiati, D., & Harahap, R. M. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kasus Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Silampari.

Idaini, S. (2019). Prevalensi Psikosis di Indonesia berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/jpppk.v3i1.1882.

Maudhunuh, S., & Slagian, A. P. (2019). Penerapan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn. S Dengan Masalah Isolasi Sosial : Menarik Diri.

Rahman, F. H. . (2017). Pada Dengan Melatih Asertif.

Saputra, D. (2017). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Defisit Perawatan Diri Di Ruang Dahlia Rumah Sakit Jiwa PROF HB. SA’Anin Padang.

Septiani, S. . (2017). Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Isolasi Sosial.

Siregar, R. F. (2012). Hal-hal terkait pentingnya perencanaan dan implementasi dalam asuhan keperawatan.

Sumarno, K. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Tn. F Dengan Isolasi Sosial : Menarik Diri Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Naimata Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suwarni, S., & Rahayu, D, A. (2020). Peningktan Kemampuan Interaksi Pada Pasien Isolasi Sosial Dengan Penerapan Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi Sesi 1-3. Ners Muda, 1(1), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/nm.v1i1.5482

Tridinanti, N. (2017). Laboratorium Penelitian dan Pengembngan Farmaka Tropis Fakultas Universitas Mualawarman Samarinda, Kalimantan Timur.

Yolanda, A, M. (2018). Asuhan Keperawatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Psikososial Dan Kesehatan Mental Dengan Masalah Isolasi Sosial Pada Tn. N Di Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta Timur.


Article Metrics

Abstract view : 732 times
PDF - 178 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.705-714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.