GAMBARAN KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS GETASAN KABUPATEN SEMARANG
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang : Kualitas pelayanan antenatal dapat diukur dengan membandingkan persepsi antara pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima dan dirasakan oleh ibu hamil. Salah satu tujuan antenatal care adalah mendeteksi komplikasi selama kehamilan yang dapat mengancam jiwa ibu dan bayi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal care di Puskesmas Getasan Kab Semarang sejumlah 33 responden, teknik sampling menggunakan stratified random sampling.
Hasil Penelitian : Analisa univariat didapatkan data bahwa sebagian besar responden (48,5%) mengatakan bahwa cukup puas dengan pelayanan antenatal care , sedangkan dalam kategori puas (36,3%) dan sedikitnya responden mengatakan (15,2%) kurang puas dengan pelayanan antenatal care. Kesimpulan : Ibu hamil diharapkan secara rutin melakukan antenatal care, agar dapat diketahui perkembangan kehamilannya sehingga terjadinya komplikasi selama kehamilan dapat dicegah secara dini.
Kata kunci: antenatal care, kepuasan, pelayanan
Hasil Penelitian : Analisa univariat didapatkan data bahwa sebagian besar responden (48,5%) mengatakan bahwa cukup puas dengan pelayanan antenatal care , sedangkan dalam kategori puas (36,3%) dan sedikitnya responden mengatakan (15,2%) kurang puas dengan pelayanan antenatal care. Kesimpulan : Ibu hamil diharapkan secara rutin melakukan antenatal care, agar dapat diketahui perkembangan kehamilannya sehingga terjadinya komplikasi selama kehamilan dapat dicegah secara dini.
Kata kunci: antenatal care, kepuasan, pelayanan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 4341 timesPDF - 2730 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JKMat | Jurnal Keperawatan Maternitas| ISSN : 2338-2066
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang