DETEKSI DINI ANEMIA PADA WUS UNTUK PENCEGAHAN STUNTING DI KELURAHAN KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG

Siti Istiana(1*), Erna Kusumawati(2), Fitriani Nur Damayanti(3), Septiana Dewi(4), Intan Sari Kusumadewi(5)


(1) Program Studi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan, FIKKES, Unimus,
(2) Program studi DIII Kebidanan, FIKKES, Unimus
(3) Program Studi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan, FIKKES, Unimus,
(4) Program studi DIII Kebidanan, FIKKES, Unimus
(5) Program studi DIII Kebidanan, FIKKES, Unimus
(*) Corresponding Author

Abstract


Stunting masih menjadi masalah kesehatan serius yang di hadapi Indonesia. Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022, angka stunting turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di tahun 2022. Walaupun menurun, angka tersebut masih tinggi, mengingat target prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14% dan standard WHO di bawah 20%. Kondisi stunting saat lahir dapat terjadi akibat kekurangan gizi dan anemia saat remaja sampai saat kehamilan. Oleh karena itu asupan gizi ibu hamil yang adekuat, sangat penting untuk mencegah ibu hamil KEK dan anemia agar tidak melahirkan bayi stunting. Metode kegiatan adalah pemberian pendidikan kesehatan mengenai anemia, pemeriksaan hemoglobin, penjelasan hasil pemeriksaan kepada pasien, Hasil didapatkan bahwa sebagian besar peserta paham tentang anemia yaitu sebanyak 17 orang (70,84%), tetapi rata- rata tidak paham bahwa anemia bisa menyebabkan terjadinya stunting. Hasil untuk kadar hemoglobin pada WUS yaitu sebanyak 24 orang (100%) mempunyai kadar HB yang normal. Diperlukannya kegiatan untuk menambah informasi serta peningkatan status kesehatan dalam mencegah stunting serta pemeriksaan Hb secara rutin.


Keywords


Anemia, WUS, Kehamilan, Stunting

Full Text:

PDF

References


Brier, J. and lia dwi jayanti (2020) ‘Kejadian Anemia pada Ibu Hamil ditinjau dari parites dan usia’, 21(1), pp. 1–9. Available at: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Kemdikbud. go.id

Kemenkes RI (2018) Profil Kesehatan Indonesia 2018 Kemenkes RI, Health Statistics. Available at: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf.

Lutfitasari, A. et al. (2023) ‘Penyuluhan Remaja Cegah Stunting Di Kota Tegal Jawa Tengah Oleh : Risqi Megawati Suci Rakhmawati Ketua Program Studi Kebidanan Semarang , 28 Oktober 2022 Ketua Tim Kegiatan Dr . Fitriani Nur Damayanti , SST , M . HKes Mengetahui Ketua LPPM Unimus’.

Notoatmodjo Soekidjo, (2010), Ilmu Perilaku Kesejatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjannah, S. (2015) ‘Hubungan antara paritas dan umur ibu dengan anemia pada ibu hamil trimester III 2012 (Studi Kasus di Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kota Semarang)’, PhD Proposal, 2(1), pp. 20–25. Available at: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jur_bid/article/view/815/868.

Prayitno, F.F. et al. (2020) ‘Syok Hipovolemik pada Plasenta Previa’, Medula, 10(2), pp. 251–256. Available at: http://journalofmedula.com/index.php/medula/article/view/63.

Wahyuningsih, H.P.K.R. (2018) ‘Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas Dan Menyusui’, pp. 68–70.


Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF - 102 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v5i2.12733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.