OPTIMALISASI PELAKSANAAN SENAM HAMIL SEBAGAI UPAYA MENGATASI KETIDAKNYAMANAN KEHAMILAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI PUSKESMAS RIJALI

Fasiha Fasiha(1*), Widy Markosia Wabula(2), Meryanna Rotua Simanjuntak(3)


(1) Program Studi Kebidanan Ambon, Poltekkes Kemenkes Maluku
(2) Program Studi Kebidanan Ambon, Poltekkes Kemenkes Maluku
(3) Program Studi Kebidanan Ambon, Poltekkes Kemenkes Maluku
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu jenis olahraga lain yang dapat dilakukan selama masa kehamilan adalah senam hamil. Senam hamil adalah suatu latihan gerak yang diberikan pada ibu hamil, di mana senam hamil ini dapat dimulai pada usia kehamilan 24 minggu dan dilakukan secara teratur yaitu satu kali dalam seminggu untuk mempersiapkan secara fisik dan mental, agar proses persalinan dapat berlangsung normal. Wanita hamil yang melakukan senam hamil secara teratur akan memperoleh keuntungan persalinan yaitu masa aktifnya (kala II) menjadi lebih pendek, mengurangi section cesaria, mengurangi pengeluaran mekonium didalam cairam amniom, dan mengurangi terjadinya gawat janin pada waktu persalinan. Program senam hamil membuktikan bahwa ternyata senam hamil sangat membantu selama proses melahirkan. Beberapa ibu hamil primigravida yang di temui merasakan ketidaknyamanan pada trimester III yaitu nyeri punggung, kram kaki/betis, cepat Lelah dan sering merasa sesak nafas. Pemberian latihan senam secara optimal diharapkan dapat mengatasi ketidaknyamanan yang terjadi pada ibu primigravida dengan kehamilan trimester III.

Keywords


Ketidaknyamanan kehamilan, Primigravida, Senam hamil

Full Text:

PDF

References


Aini, I. (2017) ‘HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN KELANCARAN PROSES PERSALINAN PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TM III DI PUSKESMAS KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK’, Midwifery Journal Of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, 13(1), pp. 20–25. Available at: https://repo.stikesicme-jbg.ac.id/187/1/JURNAL UPLOAD 4.pdf.

Astuti, M. (2011) Buku Pintar Kehamilan. Jakarta: EGC.

Azis, M. et al. (2020) ‘Efektivitas Senam Hamil Terhadap Kelancaran Persalinan Kala Ii Pada Ibu Inpartu Di Puskesmas Bulupoddo Kabupaten Sinjai’, Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), pp. 70–74.

Diarini, D.O., Siswanto, Y. and Pranoto, H.H. (2015) ‘Hubungan Antara Senam Hamil Dengan Proses Persalinan Pada Ibu Bersalin Di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten Semarang’, Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 7(16), pp. 1–7. doi:10.35473/jgk.v7i16.3.

Elisabeth M.F Lalita (2013) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Bogor: In Media.

Fasiha and Hermanses, S.S. (2017) ‘Pengaruh Senam Hamil Pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Lama Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Alusi Kec. Kormomolin Kab. Maluku Tenggara Barat’, Global Health Science, 2(4), pp. 398–403. doi:http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v2i4.173.

Jannah, N. (2012) Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA (2014) ‘Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.pdf’, pp. 1–52. Available at: https://eprints.triatmamulya.ac.id/1447/1/108. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.pdf.

Marmi (2014) Asuhan Kebidanan pada Masa Antenatal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutanto, A.V. and Fitriana, Y. (2014) Asuhan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 25 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v6i1.14464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.