PENGGUNAAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI VALIDASI EMOSIONAL KEGAWATAN MENTAL ANAK PRA SEKOLAH
(1) Profesi Bidan, FIKKES, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) DIII Kebidanan, FIKKES, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) S1 Kebidanan, FIKKES, Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) DIII Kebidanan, FIKKES, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Anak usia prasekolah berusia antara 3 sampai 6 tahun. Anak akan mengalami perkembangan psikososial dan kognitif. Perkembangan anak usia prasekolah yang perlu mendapat perhatian adalah perkembangan sosial emosional yaitu perkembangan dalam membentuk hubungan sosial dan emosional anak. Anak usia prasekolah rentan mengalami berbagai gangguan perkembangan sosial emosional seperti depresi, hiperaktif, dan perilaku menantang. Dalam tahun terakhir gangguan mental emosi yang menjadi sorotan dan perhatian utama. Angka kejadian kelainan ini adalah sekitar 3 –10%, di Ameriksa serikat sekitar 3-7% sedangkan di Negara Jerman, Kanada dan Selandia Baru sekitar 5-10%. Di indonesia angka kejadiannya masih belum ada angka yang pasti, meskipun kelainan ini cukup banyak terjadi, terkadang seorang anak hanya dianggap 'nakal', sehingga seringkali tidak ditangani secara benar, seperti dengan kekerasan yang dilakukan oleh orangtua dan guru akibat dari kurangnya pengertian dan pemahaman tentang Masalah Mental Emosi. Tujuan Penggunaan Pop Up Book sebagai Media Edukasi Validasi Emosional Kegawatan Mental Anak Prasekolah di PAUD Aisyiyah Purin Kendal adalah untuk meningkatkan Perkembangan Emosi Anak Prasekolah. Nilai Pre Test KMME menunjukkan bahwa siswa PAUD dengan hasil Sesuai sejumlah 11 orang (61,1%) dan Meragukan 7 orang (38,9%) sedangkan setelah dilaksanakan kegiatan pop up book sebagai media Edukasi validasi emosional kegawatan mental anak pra sekolah nilai post test KMME menunjukkan peningkatan yaitu hasil Sesuai sejumlah 14 orang (77,8%) dan Meragukan 4 orang (22,2%). Penggunaan buku pop-up ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mental anak usia dini. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan menjadi referensi bagi guru dan orangtua dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkawijaya, V.P., Karnita, R. and Hapsari,
W.W. (2022) ‘Perancangan Buku Pop-Up Tentang Meditasi Sebagai Media Edukasi Untuk Anak Tingkat Paud Dan Tk Di Sekolah Minggu Vihara Buddha Gaya’, VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(2), pp. 92–100. Available at: https://doi.org/10.59997/vide.v2i2.1917.
Anzani, R.W. and Insan, I.K. (2020)
‘Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Pra Sekolah’, Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), pp. 180–193.
Indanah and Yulisetyaningrum (2019)
‘Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah’, Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), pp. 221–228.
Masykuroh, K. and Wahyuni, T. (2023) ‘Media
Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini’, Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), pp. 172–181. Available at: https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.483.
Risnawati, Ida Hayati, M. (2016) ‘Deteksi Dini
Penyimpangan Emosional pada Anak Usia 4-6 Tahun’, Jurnal Medika, 1(1), pp. 66–70.
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF - 15 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v7i1.16961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
![]() | Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.