PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT TENTANG PELATIHAN KADER POSYANDU LANSIA DI WILAYAH BETOKAN, TIRTOADI, GODEAN, SLEMAN

Enny Fitriahadi, Luluk Khusnul

Abstract


Posyandu lansia merupakan langkah yang cukup strategis dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia agar dapat membantu dan menolong dirinya sendiri, sehingga perlu ditingkatkan pembinaannya. Posyandu lansia merupakan salah satu upaya pelayanan kesehatan yang dikelola oleh masyarakat dengan dukungan teknis petugas Puskesmas. Posyandu lansia juga merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya (Sari,2011). Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menigkatkan kesehatan lansia. Metode pelaksanaan kegiatan menjelaskan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang dilakukan adalah rekrutmen, pelatihan, pendampingan dan memberikan pendidikan untuk kader dan mitra. Dengan adanya edukasi dan pemberdayaan kepada kader posyandu lansia di wilayah Betokan Tirtoadi Godean tentang pemeriksaan kesehatan lansia sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan kader posyandu lansia dalam hal pemeriksaan kesehatan lansia sehingga diharapkan dapat menghasilkan luaran yang positif. Hasil : kegiatan pelatihan kader lansia berjalan dengan lancar dan baik, evaluasi dan monitoring dilakukann 1 bulan setelah pelatihan dan hasilnya kegiatan posyandu lansia dilakukan secara rutin setiap bulan. Luaran tersebut berupa tekad yang kuat dan kesadaran dari kader posyandu lansia untuk bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan lansia melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal 1 bulan sekali. Sehingga terciptanya peningkatan derajatĀ  kesehatan lansia, meningkatnya pengetahuan kader posyandu lansia, dan meminimalisir angka kejadian kesakitan dan kematian pada lansia.

Keywords


pelatihan kader posyandu; lansia;

Full Text:

PDF

References


Angga. (2010). Pemeriksaan Kesehatan Untuk Lansia. https://anggaway89.wordpress.com/2010/04/01/pemeriksaan-kesehatan-untuk-lansia/. Diakses 23 Oktober 2015.

Darmojo, B dan Martono, H. (2006). Olahraga dan Kebugaran pada Lanjut Usia. Buku Ajar Geriatri. Jakarta : Balai Penerbit Universitas Indonesia.

Dinas Kesehatan Sleman. (2017). Kesehatan Usia Lanjut. http://dinkes.slemankab.go.id/kesehatan-usia-lanjut. Diakses 24 Oktober 2015

Effectiveness of Acupressure on the Taichong Acupoint in Lowering Blood Pressure in Patients with Hypertension: A Randomized Clinical Trial. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2016(1549658), 1-9. doi: 10.1155/2016/1549658.

Gusti. (2012). Usia Harapan Hidup Masyarakat Sleman Tertinggi di Indonesia.

Jasmika, S. (2012). Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Kesehatan Lansia. http://erni-jasmita.blogspot.co.id/2012/12/kebijakan-pemerintah-dalam-pelayanan.html. Diakses 24 Oktober 2015.

Lin, G. H., Chang, W. C., Chen, K. J., Tsai, C. C., Hu, S. Y., & Chen, L. L. (2016).

Maryatun dan Indarwati. (2017). Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Pengelolaan Posyandu Lansia Aktif di Desa Jetis Sukoharjo. Warta LPM, Vol. 20, No. 1, Maret 2017.

Salamah, N dan Sulistyani, N. (2018). Pelatihan Peran Serta Kader Posyandu dalam Pemberian Edukasi Kepada Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Vol.2, No.2, Agustus 2018.

Sari, Y. (2011). Posyandu Lansia. http://posyandu.org/posyandu/posyandu-lansia/525-pengertian-posyandu-lansia.html. Diakses 24 Oktober 2015.

Sari,Y; Sumarwati,M; Sutrisna,E. (2018). Pemberdayaan Kader Posyandu Lansia Untuk Pencegahan Hipertensi dan Komplikasinya di Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2018, Vol.3, No.1.

Suhardo, M. (2004). Senam Bugar Lansia Perwosi DIY (SBL-2000). Provinsi DIY : Perwosi.


Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.