Penerapan Hypnoparenting Untuk Mengatasi Permasalahan Pada Anak Usia Dini

Fitria Primi Astuti, Ida Sofiyanti, Heni Setyowati

Abstract


Latar belakang: penerapan Hypnoparenting di KB dan TK Pertiwi 01 Sumurrejo Kecamatan Gunung Pati, adalah sebagian besar orangtua siswa bekerja, dan pengasuhan dilakukan oleh nenek. Permasalahan yang muncul pada siswa yaitu kurangnya kemandirian anak, tantrum, sering menangis, dan masih banyak lagi. Akhir-akhir ini muncul beberapa metode untuk mengarahkan anak berperilaku baik. Salah satu metode dalam rangka membawa anak menjadi sesuatu yang diharapkan tanpa harus memaksa apalagi dengan ancaman dan kekerasan adalah dengan metode Hypnoparenting, yaitu metode yang menggabungkan praktek pengasuhan anak dengan pengetahuan hypnosis. Hypnoparenting adalah teknik hypnotherapy yang secara khusus diterapkan oleh orangtua dalam mengasuh anak. Secara garis besar, teknik ini bermanfaat meningkatkan kualitas komunikasi dan kecerdasan spiritual orangtua dan anak. Bekerja langsung pada alam bawah sadar anak, membuat orangtua dapat menerapkan pola asuh tanpa paksaaan. Tujuan: kegiatan ini adalah menerapkan pola asuh yang baik dengan hypnoparenting. Metode: pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu seminar dan worksop tentang pola asuh, bahasa cinta dan hypnoparenting, pendampingan penerapan selama satu bulan, dan evaluasi penerapan hypnoparenting oleh orang tuasiswa dan guru. Hasil: hasil awal saat diberikan kuesioner pola asuh 53% memiliki pola asuh yang kurang baik, orangtua antusias dalam workshop penerapan hypnoparenting. Pendampingan penerapan dilakukan selama satu bulan dengan hasil evaluasi yaitu terjadi perubahan sikap anak setelah dilakukan hypnoparenting. Kesimpulan: kesimpulan dari kegatan ini anak menjadi baik dan mudah diarahkan apabila orangtua menggunakan bahasa-bahasa cinta tanpa bentakan.

Keywords


hypnoparenting, pola asuh

Full Text:

PDF

References


Aprilia,Y. (2010). Hypno sentri. Gagas Media.

Aji Dimas, Wati Erna dkk, Analisis faktor yang mempengaruhi pola asuh ibu balita dikabupaten Banyumas, Jurnal Kesmas Indonesia Volume 8 No 1 Januari 2016

Anisah Ani Siti. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 05; No. 01; 2011; 70-84

Berman. (2000). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: EGC.

Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rodakarya

Faeni. (2013). Hypnoparenting. PT Mizan Republika

Hidayati, N. (2015). Efektifitas Penyuluhan Berbasis Hypnoparenting Pada Wali Murid Di Paud Bogor. Uinjkt.

Hurlock, Elizabeth B., 1995, Psikologi Perkembangan Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga

Khomariyah, efektifitas penyuluhan pola asuh orang tua berbasis hypnoparenting pada wali murid paud pelangi di Bogor, skripsi 2014

Lucy. (2012). 5 Menit Menguasai Hypnoparenting. Penebar swadaya grup

Magfiroh (2015). Implementasi hypnoparenting dalam pembentukan kedisilpinan anak-anak Pangulir Budi I Karang Kulon Kecamatan Wonosalam Demak,Skripsi

Megawati,P. (2015). Perbedaan Perilaku Anak dengan pembelajaran Hypno Parenting dan Non Hypnoparenting pada siswa TK Pertiwi bojonegoro Tahun Ajaran 2013/2014, Fakultas Ilmu Pendidkan UM (Skripsi)

Munjinah Annif, Hidayah Nur. Optimalisasi Pola Asuh Dengan Menggunakan Hypnorarenting di Wonokromo Surabaya, Jurnal Unnusa 2018

Silawati, A . (2015). Pemanfaatan Hypnoparenting dalam menanamkan karakter anak dilembaga konseling dan Konsultasi pekan baru, Jurnal Risalah, vol 26 no 2 1015

Sulaiman, Ahmad. (2000). Metode Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Darul Haq

Tridonanto,Al. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis,Jkarta, PT Elex Media Kompotindo

Wibowo, (2007). Manajemen Kinerja. Raja grafido, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.