REFRESHING PENYULUHAN TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN MENGGUNAKAN BUKU KIA PADA KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANG PULE

Catur Esty Pamungkas, Siti Mardiyah WD, Aulia Amini

Abstract


Komplikasi kehamilan dan persalinan penyebab utama kematian wanita pada usia reproduksi. Lebih dari satu wanita meninggal setiap menit dari penyebab komplikasi, atau ini berarti 585.000 wanita meninggal setiap tahun. AKI di Indonesia secara nasional sebesar 390 per 100.000 kelahiran hidup dan merupakan angka tertinggi dibanding dengan Negara-negara ASEAN lainnya (SDKI, 2013), dengan meningkatnya pengetahuan tentang tanda bahaya pada kehamilan, maka dapat membantu menurunkan AKI, karena ibu hamil memiliki bekal informasi tempat pelayanan kesehatan sebagai upaya deteksi dini. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan penyuluhan tentang tanda-tanda bahaya pada ibu hamil. Metode Pengabdian ini menggunakan jenis observasional dengan rancangan cross sectional. Sasaran responden pengabdian yaitu ibu hamil trimester I, II dan III sejumlah 25 responden yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule. Teknik pengambilan sampel dengan aksidental sampling, pelaksanaan pengabdian dengan melakukan pre test dan post test tentang pengetahuan ibu hamil sebelum diberikan penyuluhan dan setelah diberikan penyuluhan. Hasil Pengabdian ini didapatkan pengetahuan responden tentang tanda-tanda bahaya kehamilan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pre test sebesar 7.8 menjadi 9.2 saat post test dan keseluruhan responden memiliki pengetahuan baik sebanyak 25 responden (100%). Kesimpulan dari pengabdian ini bahwa didapatkan pengaruh baik dari hasil penyuluhan tentang tanda-tanda bahaya kehamilan pada seluruh responden.

Keywords


Ibu Hamil, Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Data penduduk sasaran program pembangunan kesehatan 2007-2011. Jakarta: Pusat Data dan InformasiDepartemen Kesehatan RI.

Badan Pusat Statistik. 2008. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI)2007. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bantuk Hadijanto, 2008. Pendarahan pada Kehamilan MudaIn: Ilmu Kebidanan

Sarwono Prawirohardjo. Jakarta , PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo : 459-473.

Notoatmodjo, S.2010. Ilmu Perilaku Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta

Manuaba, I.B.G., I.A. Chandranita Manuaba, dan I.B.G. Fajar Manuaba. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2007.

Marmi.2012. Asuhan Kebidanan Patologi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Pieter, H.Z. & Lubis, N.L. 2010. Pengantar Psikologi Dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana.

Pusdiknakes, 2010.Konsep Asuhan Kebidanan. JHPIEGO. Jakarta.

Pusdiknakes - WHO. (2003). Asuhan Antenatal. Jakarta: Pusdiknakes.

Saifuddin AB. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta:EGC. 2009.

Wiknjosastro, Hanifa. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina PustakaSarwono Prawirohardjo; 2009

Bahu, P., Malalayang, K. and Manado, K. (2013) ‘DIV Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado Tahun 2013’, pp. 250–257.

Donsu, A. et al. (2016) ‘Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Hamil dengan Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)’, Jurnal Ilmiah Bidan, 4(2), pp. 21–28.

Ni Nyoman Karmiti, Abdul Hakim Laenggeng, A. Y. (no date) ‘Analisis perbedaan pengetahuan ibu hamil terhadap pemberian penyuluhan kesehatan tentang kehamilan’, Appl. Phys. A, 73, pp. 1–21.


Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.