PELATIHAN PEMBENTUKAN POSYANDU REMAJA DAN KADER KESEHATAN DI DUKUH MARDIREJO DESA KALIKEBO

Anna Uswatun Q, Lilik Hartati, Ani Sulistyanti

Abstract


Masalah kesehatan remaja sangatlah kompleks karena berada pada masa peralihan dari anak – anak ke dewasa. Sehingga, jika permasalahan tersebut tidak tertangani, maka bisa berdampak terhadap masa depan nya bahkan kesehatan psikologisnya. Keberadaan Posyandu Remaja merupakan solusi yang dapat ditawarkan di masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan reproduksi remaja. Artikel ini menggambarkan hasil pelaksanaan Iptek Bagi Masyarakat (IbM) dalam bentuk pelatihan kader untuk pembentukan Posyandu Remaja di Dukuh Mardirejo, Desa Kalikebo. Kegiatan ini bertujuan untuk  membentuk Posyandu Remaja serta pembentukan kader Posyandu Remaja yang terlatih. Metode yang dilakukan adalah pelatihan kader Posyandu yang diawali persiapan yaitu penggalangan komitmen kepada anggota karangtaruna Dukuh Mardirejo sebagai sasaran kegiatan yang berjumlah 45 remaja. Kegiatan yang kedua adalah pelaksanaan pembentukan Posyandu serta pelatihan kader Posyandu Remaja dengan materi antara lain program pemerintah terkait posyandu remaja, anemia dan status gizi remaja, konseling, pelaksanaan sistem lima meja, administrasi posyandu dan kesehatan reproduksi. Hasil dari kegiatan ini telah terbentuk Posyandu Remaja Sakamandala dengan waktu pelaksanaan setiap 2 bulan sekali bertempat di posko remaja Dukuh Mardirejo, Desa Kalikebo. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa remaja Dukuh Mardirejo sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Posyandu Remaja karena menurut mereka kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya untuk remaja.


Keywords


Pelatihan, Kader, Pembentukan, Posyandu, Remaja

Full Text:

PDF

References


R. D. Ngaisyah and S. Wahyuningsih, “Retraining Dan Pendampingan Kader Posyandu Remaja Dalam Melakukan Monitoring Status Gizi Di Desa Cokrobedog ,” vol. 1, no. 1, 2018.

E. Sulastri, D. P. Astuti, and E. W. Handyani, “Pembentukan Posyandu Remaja Desa Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen,” Urecol, pp. 130–133, 2019.

E. Wahyuntari, “Pembentukan Prambanan kader kesehatan posyandu remaja Bokoharjo,” vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020.

F. Putri, E. Ningsih, F. K. Masyarakat, and U. Airlangga, “Pencapaian Standar Nasional Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja Pada,” vol. 6, pp. 40–45, 2018.

K. P. Sarweni and R. Hargono, “Demand Vs Supply Program Kesehatan Remaja Di Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya,” J. PROMKES, vol. 5, no. 1, p. 77, 2018.

D. Ernawati, P. Wilayah, and P. Daerah, “PENDAHULUAN Nasyiatul ‘ Aisyiyah ( NA ) sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang pembinaan generasi muda putri Islam , kemasyarakatan dan pembinaan keagamaan . NA mempunyai struktur ( Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tang,” pp. 198–204, 2016.

S. F. Simanungkalit and W. Wahyuningtyas, “Pkm kelompok kader dalam penyuluhan cegah anemia pada remajaputri di kelurahan pasir putih depok,” pp. 49–52.

I. Mutiara Putri and L. Rosida, “Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ‘Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual’ PELATIHAN KADER PEMBENTUKAN POSYANDU REMAJA DI DUSUN NGENTAK BANGUNJIWO KASIHA,” no. September, pp. 528–533, 2017.

D. R. Saraswati, “Pengelolaan Program Posyandu Remaja Di Pusat Management of Posyandu Adolescent Program in Information and,” J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 7, no. 6, pp. 721–730, 2018.

P. Sari, S. A. Nirmala, and Diah, “Evaluasi Pelayanan Revitalisasi POSYANDU dan Pelatihan Kader Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.