PENYULUHAN TENTANG ASI EKSKLUSIF, VITAMIN A, DAN STUNTING DI POSYANDU ANGGREK RW 04 DUSUN TESEH KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Maria Ulfah Kurnia Dewi(1*), Dian Nintyasari Mustika(2), Erna Kusumawati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya lima program prioritas yang meliputi (KB; KIA; Gizi; Imunisasi dan penanggulangan diare dan ISPA) dengan tujuan mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Tujuan Penyuluhan tentang ASI Eksklusif, Vitamin A, dan Stunting di Posyandu Anggrek Rw 04 Dusun Teseh Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku kesehatan masyarakat mengenai ASI Eksklusif, Vitamin A, dan Stunting. Transfer IPTEKS yang dilakukan pada tiap tahapan dengan menggunakan prinsip bahwa setiap informasi yang diterima sebaiknya melalui proses, mendengar, mengetahui, mencoba, mengevaluasi, menerima, meyakini, dan melaksanakan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan mengenai ASI Eksklusif, Vitamin A, dan Stunting. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kader posyandu perlu meningkatkan pengetahuan gizi bagi ibu balita khususnya dalam ASI Eksklusif, Vitamin A, dan Stunting, hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini akan diserahkan kepada posyandu Anggrek dan Puskesmas sebagai bahan pertimbangan untuk program peningkatan kesehatan anak.


Keywords


eksklusif, ASI, vitamin A, stunting

Full Text:

PDF

References


Alfred Sommer (1992) Defisiensi Vitamin A, EGC.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (2013) Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013. doi: 10.4049/jimmunol.1100709.

Herry Garna et al (2014) Pedoman diagnosis dan terapi. Ilmu Kesehatan Anak. Bandung: FK Unpad/RSUP Dr. Hasan Sadikin.

Kemenkes RI (2013) Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak di tingkat pelayanan kesehatan dasar.

Palmér, L. et al. (2010) Breastfeeding: An existential challenge - Women’s lived experiences of initiating breastfeeding within the context of early home discharge in Sweden, International Journal of Qualitative Studies on Health and Well-being. doi: 10.3402/qhw.v5i3.5397.

Utami, R. (2005) Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Yuliana, W. and Bawon Nul Hakim (2019) ‘Darurat stunting dengan melibatkan keluarga’. Galesong: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 728 times
PDF - 226 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v2i2.5949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.