PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG VULVA HYGIENE PADA WANITA USIA SUBUR DI DUSUN TESEH KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Siti Istiana(1*), Lia Mulyanti(2), Aniatul Janah(3)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Keputihan adalah keluarnya sekret atau cairan dari vagina. Personal hygiene genitalia merupakan pemeliharaan kebersihan dan kesehatan individu yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari gangguan alat reproduksi dan mendapatkan kesejahteraan fisik dan psikis serta meningkatkan derajat kesehatan. Pengetahuan dan ketrampilan vulva hygiene merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan mengontrol infeksi, mencegah kerusakan kulit, meninggalkan kenyamanan serta mempertahankan kebersihan diri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberi informasi terkait pendidikan mengenai vulva hygiene pada WUS di dusun Teseh kelurahan meteseh kecamatan tembalang kota semarang yang berjumlah 30 orang pada bulan maret 2020. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab menggunakan media leaflet. Seluruh materi dapat disampaikan dan dapat diterima dengan baik. Setelah dilaksanakan kegiatan, pemahaman WUS mengenai vulva hygiene sudah meningkat, WUS mampu memahami teknik vulva hygiene dengan benar ditunjukkan dengan kemampuan menjawab pertanyaan setelah dilakukan evaluasi. Harapannya setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat mengenai praktik vulva hygiene, WUS bisa menerapkan kegiatan praktik vulva hygiene dengan benar, sehingga akan tercapai rasa nyaman dan terhindar dari keputihan.

Keywords


WUS, keputihan, vulva hygiene

Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, Fajar, et al. 2010. Cara Holistik dan Praktis Atasi Gangguan Khas Pada Kesehatan Wanita. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hidayat, A. 2009. Konsep Personal Hygiene. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hurlock, E. B. 2001. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. (Edisi Kelima)

Kursani, Elmia, dkk. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Putri di SMA PGRI Pekanbaru Tahun 2013. Jurnal Maternity and Neonatal Volume 2 No 1.

Manuaba. 2002. Ilmu Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan, Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, PA, Perry, A,G, Buku Ajar Fundamental keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4. Volume 2 Alih Bahasa: Renata.

Purwanto, H. 2006. Pengantar Perilaku Manusia untuk Perawat. Jakarta: EGC

Tapparan, F., Lampus B.S., Pandelaki A. J. 2013. Gambaran Perilaku Kebersihan Organ Genitalia Eksterna Siswi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negri 1 Kawangkoan. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik. Vol. 1 No. 1

Widyastuti, Yani. 2009. Kesehatan reproduksi. Yogyakarta: fitramaya,

Wijayanti. 2009. Fakta penting seputar kesehatan reproduksi wanita Yogyakarta book marks


Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 8 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v3i2.7860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : sherkiasalamah@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.