PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENGETAHUAN POLA HIDUP SEHAT PADA WANITA MENOPAUSE

Nuke Devi Indrawati(1*), Dian Nintyasari Mustika(2), Maria Ulfa Kurnia Dewi(3), Dewi Puspitaningrum(4), Azizatus Sabila(5), Sukma Rifina(6)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Universitas Muhammadiyah Semarang
(5) Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Wanita menopause memilliki ketergantungan tinggi pada orang lain. Perilaku gelisah terlihat dari gerakan yang lamban, sering mondar-mandir, mengeluh, menangis. Tujuan  Penyuluhan tentang Penatalaksanaan Pola Hidup Sehat Wanita Menopause di Bumi Wanamukti, Semarang adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku kesehatan wanita menopause mengenai pola hidup sehat pada masa menopause. Berdasarkan analisa situasi pola hidup sehat wanita menopause di Bumi Wanamukti, Semarang diperlukan peningkatan pengetahuan  tentang penatalaksanaan pola hidup sehat wanita menopause. Pendidikan kesehatan pola hidup sehat wanita menopause dilaksanakan dengan metode transfer IPTEKS yang dilakukan pada tiap tahapan dengan menggunakan prinsip bahwa setiap informasi yang diterima sebaiknya melalui proses, mendengar, mengetahui, mencoba, mengevaluasi, menerima, meyakini, dan melaksanakan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan penatalaksanaan pola hidup sehat wanita menopause di Bumi Wanamukti, Semarang. Bukti pengabdian masyarakat mengungkapkan bahwa perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan.

Keywords


Penyuluhan Kesehatan, Menopause, Wanita

Full Text:

PDF

References


BioMed Research International. Diakses pada 2020. Estrogen Deficiency and the Origin of Obesity During Menopause.

Cipto, C., Siswoko, S., & Saptaningrum, E. (2020). Tingkat pengetahuan dan sikap Ibu Menghadapi Masa Menopause. Jurnal Studi Keperawatan, 1(1), 6-9.44

Endocrineweb. Diakses Pada 2020. Healthy Lifestyle Habits During Menopause.

Evayanti, Y., Rosmiyati, R., & Bustami, A. (2019). Penyuluhan Kesehatan Tentang Menopause Di Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Lampung. Jurnal Perak Malahayati, 1(1).

Healthline. Diakses Pada 2020. 11 Natural Ways to Reduce Symptoms of Menopause.

Lestari, I., Wulandari, D., Sari, D. D., Rindengan, D. V., & Husada, A. K. W. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perubahan Fisik Wanita Menopause Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Menopause Di Desa Situ Udik Rt 01/Rw 07 Kecamatan Cibungbulang Bogor Tahun 2018.

Noervadila, I., Puspitasari, Y., Kartika, L. D., Idayani, D., & Rasyidi, A. K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Lansia Pre-Menopause di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49-62.

Nurchandra, D., Fathony, Z., & Mirawati, M. (2019). Pendidikan Kesehatan Tentang Gizi Seimbang Pada Wanita Menopause. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 1(1), 21-24.

Yuneta, A. E. N., Hardiningsih, H., Yunita, F. A., & Sulaeman, E. S. (2020). Penyuluhan Persiapan Menghadapi Menopause. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 77-80.


Article Metrics

Abstract view : 1035 times
PDF - 225 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v4i2.9964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.