PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Eko Andy Purnomo, Venissa Dian Mawarsari

Abstract


Salah satu upaya peningkatan kualitas guru matematika adalah dengan meningkatkan kemampuan mahasiswa pendidikan matematika. NCTM merumuskan kemampuan pembelajaran matematika yang disebut mathematical power meliputi: (a) communication, (b) reasoning, (c) problem solving, (d) connection, (e) representation.
Kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mempunyai mathematical power yang baik. Salah satu solusi untuk meningkatkan mathematical power adalah penerapan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis PBL. Tujuan penelitian adalah (a) menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan model pembelajaran IDEAL problem
solving berbasis PBL; (b) mengetahui seberapa besarĀ  peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis PBL. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan matematika UNIMUS. Hasil penelitian (a) dihasilkan buku ajar materi persamaan kudrat, peluang, trigonometri, turunan dan program linier yang baik; (b) implementasi model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian diharapkan dosen dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis PBL.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9144 times
PDF - 8036 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.1.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats