PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BEAJAR MATEMATIKA SISWA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan handphone di sekolah sebagai media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran berbantuan quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IX SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian mengenai analisis kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran berbantuan quizizz dalam pembelajaran yang menggunakan aplikasi quizizz dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa, dengan menggunakan aplikasi quizizz juga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menantang. Kendala dalam menggunakan aplikasi quizizz adalah jaringan internet, maka penggunaan internet kouta untuk mengakses aplikasi quizizz juga menjadi kendala karena sulit untuk terhubung ke jaringan internet. Manfaat saat menggunakan aplikasi quizizz membuat proses belajar online lebih bervariasi, lebih praktis dan efektif. Keuntungan menggunakan hasil belajar aplikasi quizizz dapat dilihat secara langsung, penggunaan aplikasi quizizz juga dapat mengevaluasi siswa secara mandiri. Aplikasi quizizz hanya untuk menentukan kemampuan siswa dalam domain kognitif. Penggunaan media pembelajaran berbantuan kuis pada siswa kelas IX SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon dapat dikatakan praktis dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 128 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.51-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401