Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Berbantuan Media Flash Card Math Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyangan

Debby Amaliah Putri(1*), Heru Agni Setiaji(2)


(1) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
(2) Institut Agama Islam Negeri Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to find out the effectiveness of the Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic learning model assisted by flash card math media towards increasing the mathematical problem solving abilities of  grade students. This study was quantitative with a quasi-experimental type and a Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were  grade of SMP Negeri 1 Paguyangan, total was 330 students. The sampling technique used simple random sampling. From the sampling, two classes were obtained, namely class VII G as the experimental class which was subjected to the Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic learning model assisted by flash card math media and class VII H as the control class which was not subjected to the model and media. In this study the instruments used were tests in the form of pretest and posttest. The results of this study there are found the differences in the average ability of students in the experimental class and the control class. This is reinforced by the average results of the experimental class more than the average results of the control class. The logan avenue problem solving (LAPS)-Heuristic learning model assisted by flash card math media was stated effective enough to improved students' mathematical problem solving abilities with the results obtained that the average percentage of N-Gain in the experimental class is 66.47% and the control class is 25.30% with an ineffective interpretation.

Keywords


LAPS-Heuristic, Flash Card Math Media, Mathematical Problem Solving Ability

Full Text:

PDF

References


Afni,K,dkk.2022.”Penggunaan Model Pembelajaran LAPS Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”.Jurnal Serunai Matematika.Vol.14, No.1.

Agustami, dkk.2021.“Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran”, Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM),Vol.3, No.1.

Akbar,R.M.2022.Flash Card Sebagai Media Pembelajaran.Sukabumi : CV.Haura Utama.

Ali,M.,dkk.2021.”Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Dengan Time Token Arends Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Pythagoras:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.Vol.10, No.2.

Angreany,F., & Saud, S.2017.”Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menuliskan Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar”.Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra.Vol.1, No.2.

Anwar,A.2009.Statistik untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel .Kediri:IAIT Press.

Ariani, S, dkk.2017.“Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara”. Jurnal Elemen.Vol.3, No.1.

Arifin,S., dkk.2019.”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching”.EduMa.Vol.8, No.1.

Arifin,Z.2017. “Kriteria Instrumen dalam suatu peneilitian”.Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).Vol.2, No.1.

Arikunto,S.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Azhima,I.,dkk.2021.“Penggunaan Media Flash Card Untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi : Jurnal Anak Usia Dini.Vol.5, No.2.

Azwardi, G., & Sugiarni,R.2019.“Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik”.Pi:Mathematics Education Journal.Vol.2, No.2.

Budiastuti, D., & Bandur,A.2018.Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS.Jakarta : Mitra Wacana Media.

Firdaus, F.E.2019.“Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Metode Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Logika”.JES-MAT.Vol.5,No.2.

Halim, A.,& Ahyaningsih,F.2019.”Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII”.Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.12, No.1.

Harianda,B.,& Junedi,B.2021.“Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project”.Journal of Didactic Mathematics.Vol.2, No.1.

Hendriana,H.dkk.2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa.Bandung : PT Refika Aditama.

Inanna,dkk.2021.Evaluasi Pembelajaran Teori dan Praktek. t.k.:Tahta Media Grup.

Isrok’atun & Rosmala,A.2018.Model-Model Pembelajaran Matematika.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Komalasari,K.2016.“Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Math Terhadap Hasil Belajar Matematika”.JKPM(Jurnal Kajian Pendidikan Matematika).Vol.1, No.2.

Kusnadi,R.M.,& Mardiani,D.2022.”Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Terogong Kidul Dalam Masalah Statistika”.Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : PowerMathEdu(PME).Vol.1,No.2.

Layali,K.N.,& Masri.2020.“Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA”.Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.Vol.5, No.2.

Lestari, Y., & Mujib.2018.“Kemampuan Berpikir Kritis Matematis melalui Model Education Coins of Mathematics Competition (E-COC).Desimal : Jurnal Matematika.Vol.1, No.3.

Magdelan, I.2021.”Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan”.Jurnal Pendidikan dan Sains.Vol.3, No.2.

Marissa,I.E., & Solahudin,I.2022.“Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”.Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT).Vol.8, No.2.

Martinsen Berutu, D,Dkk.2021.”Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Terhadap Kemampuan Peimeicahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Badar”. Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sigma(JPMS).Vol.7,No.2

Maulidah,R.,.dkk.2021.“Implementasi Media Flash Card : Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa “.Elementary School.Vol.8, No.1.

Novitasari.N.T., & Shodikin,A.2020.“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristic) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika”, Jurnal Tadris Matematika.Vol.3, No.2.

Nurul Afwah,L, Dkk.2023.”Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”.Jurnal Lebesgue:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol.4, No.1.

Nuryadi,dkk,.2017.Dasar-Dasar Statistik Penelitian.Yogyakarta: Sibuku Media.

Pasini Mairing,J.2018.Pemecahan Masalah Matematika.Bandung : Alfabeta.

Purnamasari,I.,&Setiawan, W,.2019.“Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika”,Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol.3, No.2.

Rahmadi.2011.Pengantar Metodologi Penelitian.Banjarmasin : Antasari Press.

Rahman,S.I.,dkk.2018.”Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”.Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan.Vol.2, No.1.

Rahmmatiya,R., & Miatun,A.2020.”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Relisiensi Matematis Siswa SMP”, Teorema : Teori dan Riset Matematika, Vol.5 No.2.

Riyani,R.,dkk.2017.“Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).Vol. 1, No. 1.

Riyanti,V.,dkk.2020.”Pengaruh Metode Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar dalam Materi Bangun Ruang”.Jurnal Pembelajaran Prospektif.Vol.5, No.2.

Rizqa R, & Asih,M.2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Relisiensi Matematis Siswa SMP”.Teorema : Teori dan Riset Matematika, Vol.5 No.2

Sahir Hafni,S.2021.”Metodologi Peneilitian”.Yogyakarta: KBM Indonesia.

Salmina, M.,& Adyansyah,F.2017.”Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafudin Kota Banda Aceh”.Numeracy.Vol.4, No.1.

Sari,I.L.,dkk.2020.”Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Knisley Berbantuan Media Jing-Jing Bar”.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol.3 No.2.

Shoimin,A,.2020. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Solichin,M.2017.“Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan”.Dirasat : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.Vol.2, No.2.

Son,L.A.2019.“Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabiitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal”.Gema Wiralodra.Vol.10, No.1.

Suboindoi,J.2019.”Teiknik Analisis Data Kuantitatif Teioiri dan Aplikasi deingan SPSS”. Klatein : Lakeiisha

Sudjana. 2005.Metoda Statistika.Bandung : Tarsito.

Sugiyono.2021.”Metode Peneilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”.Bandung : ALFABETA.

Suliarso, M., dkk.2021.Monograf Pembelajaran Online Matematika Berbasis Blandes Learning.Bandung : Widina Bakti Persada.

Suryani&Iqbal.2018.”Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa”.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol.2, No.2.

Susdelina,dkk.2018.“Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik dan Rasch Model”.Jurnal Kiprah. Vol.6, No.1.

Syahrum & Salim.2014.Metodologi Penelitian Kuantitatif.Bandung : Citapustaka Media.

Wahyuni,Sri.2020. “Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku””.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.Vol.4, No.1.

Yusup, F.2018.“Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”.Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan.Vol.7, No.1


Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 42 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.10.2.2023.29-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401