Kebaharuan Penelitian Global Mengenaai Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Analisis Bilbliometrika dan Pemetaan Informasi
(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., Zaenuri, & Wardono. (2021). Description of students’ mathematical concept understanding ability, in terms of initial mathematical ability. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042109
Agustina, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dalam Pembelajaran Berbasis Apos. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.34
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 1–7.
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263–272.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1520
Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XI SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Febryanti, F., Ahmad, H., Nurhasanah, & Kamaruddin, A. (2020). Effectiveness of model numbered head type integrated structure of islamic value against understanding mathematical concept ability. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012018
Fenderik, M. (2017). Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kontekstual. JURNAL PIGUR, 1(1), 111–123.
Fitrahani, A. (2021). Pengaruh Psikologi Gestalt dalam Mengantisipasi Miskonsepsi Matematika. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 3(1), 63. https://doi.org/10.29240/ja.v3i1.2749
Fitrian, R., & Dewi, R. (2021). Ragam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Daring. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika)118.
Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, S. Y. V. I. (2021). Peranan Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia DI SMA Negeri 1 Tampan Amma Di Talaud. Journal Holistik, 14(2), 1–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/download/34453/32350
Hamid, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JIPIS, 32(1), 8–13. https://doi.org/10.33592/10.33592
Hasanah, E. N., Busnawir, B., & Ndia, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 160. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19565
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Vi Sd Swasta Pab 15 Klambir Lima. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 179. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866
Husna, A. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mateamatika Siswa Kelas VIII SMP N Kecamatan Lembah Gumanti. Jurnal Dimensi, 5(2).
Kesumawati, N. (2018). Konsep Matematis; Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228–235.
Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018
Leton, K. B., Kase, E., & Ta’ek, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Perangkat Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Inpres Lewoneda Kabupaten Flores Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pastoralia, 2(1), 59–66.
Lubis, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Melalui Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra. (Doctoral Dissertation, UNIMED), 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Manda, T. G., Winanda, R. S., & Rusyda, N. A. (2021). Analysis of Students Mathematical Concept Understanding Ability in Operation Research Course. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012014
Maulidyna, Y. (2023). Analisis Bibliometrik Penelitian Asbabul Wurud pada Database Dimensions. Gunung Djati Convference Series, 23, 854–874.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Oktaviani, S., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.875-882
Pardede, O. B., Br. Sitompul, D. L., Pinem, S. M. P., & Putrika, S. (2020). Eksistensi Perangkat Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3), 63–80. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19973
Putri, C. N., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII Pada Materi Program Linier. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1573–1580. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1573-1580
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahayuni, N. L., Abadi, I. B. G. S., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28902
Rama Yeni, Y., Syarifuddin, H., & Ahmad, R. (2019). The effect of contextual teaching and learning approach and motivation of learning on the ability of understanding the mathematics concepts of grade v student. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 314(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/314/1/012064
Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Rodin, R., & Afifah, N. (2019). Studi Bibliometrika Pada Abstrak Artikel Bidang Ilmu Sosiologi Periode 2015-2018. Jupiter, XVI(2), 1–30. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/download/12871/6555/42409
Rosnawati. (2018). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanusi. (2016). Penerapan Model Improving Learning Dengan Teknik Inkuiri Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–6.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6941. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480
Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018). The students’ mathematical concept understanding ability through cooperative learning type jigsaw assisted visual media. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012051
Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782
Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal), 20–30. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4305%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/4305/1648
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Untari, E., & Susanto, L. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Snowball Throwing, dan Teams Games Tournaments (TGT) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 130–139. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12171
Van Nunen, K., Reniers, G., & Ponnet, K. (2022). Measuring Safety Culture Using an Integrative Approach: The Development of a Comprehensive Conceptual Framework and an Applied Safety Culture Assessment Instrument. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(20). https://doi.org/10.3390/ijerph192013602
Wahyuddin, W. (2016). Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi ). Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 191–208.
Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082
Widada, Wahyu, Herawaty, D., Zaid Nugroho, K. U., & Dwi Anggoro, A. F. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students during Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696
Yurnalis. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Sekolah Binaan Kecamatan Cerenti. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(4), 505. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5691
Zakiyyah, F. N., Winoto, Y., & Rohanda, R. (2022). Pemetaan bibliometrik terhadap perkembangan penelitian arsitektur informasi pada Google Scholar menggunakan VOSviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 43. https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.37766
Article Metrics
Abstract view : 103 timesPDF - 35 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.1.2024.29-41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401