Etnomatematika Pada Rumah Adat Honai Suku Dani Dan Implementasinya Dalam Rancangan Pembelajaran Matematika

Christina Theola Putri Wardoyo(1*), Lucia Veronica Aprilia Gomes(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan metode pembelajaran berbasis etnomatematika yang mengaitkan kebudayaan  ke dalam pembelajaran matematika. Kebudayaan menjadi media yang dapat dipakai tenaga pendidik dalam mengajarkan konsep-konsep matematika agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Salah satu keragaman budaya Indonesia yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika adalah Rumah Adat Honai yang berasal dari tanah Papua. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengumpulan literatur dengan mencari artikel melalui portal Google Scholar, Microsoft Academic, dan Perpusnas dengan menggunakan kata kunci Rumah Adat Honai, implementasi etnomatematika, geometri dan wawancara. Teknik analisis data  dilakukan dengan penyajian data, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep-konsep geometri  yang ditemukan dalam Rumah Adat Honai.

Keywords


rumah adat, honai, etnomatematika, geometri

Full Text:

PDF

References


Budiarto, M. T & Artiono, Rudianto. (2019). Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.

https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/1076

Fauzi, A & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/20726

Funan, F. X & Mamoh, O. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA UEM LE’U INSANA DALAM KAITANNYA DENGAN KONSEP GEOMETRI. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/271

Herlinadhiya. (2017, Feb 1) RUMAH HONAI – PAPUA. Negeri Seribu Pulau. https://negerindonesiasli.blogspot.com/2017/02/rumah-honai-papua-p-apua-adalah.html

Imswatama, A & Zultiar, I. (2019). Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. Arithmetic: Academic Journal of Math, 1(2), 119-130.

Maharani, A & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika, 2(2).

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/3183

Mar, Anita., Mamoh, Oktovianus., & Amsikan, S. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT MANUNIS KA’UMNAIS SUKU UIM BIBUIKA KECAMATAN BOTIN LEOBELE KABUPATEN MALAKA. JURNAL MathEdu, 4(2), 155-162.

https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2446

Marasabessy, R., Hasanah, Aan., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Pustaka. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-20.

http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/874

Mustafa, Ardita. (2015, Sep 26) Membangun Honai Menjalin Kerukunan Jiwa. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150925150719-243-80940/membangun-honai-menjalin-kerukunan-jiwa-indonesia/

Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-54.

https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/524

Rumthe, F. T. (2018). Rumah Bundar (Djamari, Ed.) Jakarta Timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from

https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/Rumah_Bundar-Fangnania-Final_0.pdf

Sipayung, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Melalui Contextual Teaching and Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7.

https://scholar.archive.org/work/wr23vcl6qbcnpo6bd4zl4wke5e/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/mv7n3_9/pdf

Sulistyani, A.P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1).

http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1537

V, Laskar Bahasa. (2018). Rumah Adat Nusantara (A. Purba, Ed.) Jakarta Timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Peminaan Bahasa. Retrieved from

https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/Rumah_Adat_Nusantara-Laskar_Bahasa_v-Final_0.pdf

Wismabrata, M. H. (Ed.). (2022, Sep 7). Arti Nama Honai, Rumah Adat Khas Papua dan Keunikannya. KOMPAS.com.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/051100878/arti-nama-honai-rumah-adat-khas-papua-dan-keunikannya-?page=all

Zulkifli, A & Rahmawati, I. (2020). EKSPLORASI RUMAH ADAT JOGLO PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR. JPGSD, 8(3), 591-600.

BUDAYA & ALAM NUSANTARA. (2022, 6 Mei). HONAI || RUMAH ADAT MASYARAKAT SUKU DANI PAPUA || [Video]. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=xZVRXE23Rqo&pp=ygUbcnVtYWggYWRhdCBzdWt1IGhvbmFpIHBhcHVh

Agung Pramono. (2022, 14 Januari). Keunikan Rumah Adat Honai Provinsi Papua [Video]. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=zU6F7y2VLPc&pp=ygUbcnVtYWggYWRhdCBzdWt1IGhvbmFpIHBhcHVh

KabarPedia. (2023, 21 Juli). Honai: Rumah Khas Yang Terinspirasi Sarang Burung [Video]. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=YBn3ZBrXRKM&pp=ygUbcnVtYWggYWRhdCBzdWt1IGhvbmFpIHBhcHVh

Rizki Pedia. (2022, 8 Oktober). Home Tour Rumah Adat Suku Dani Papua [Video]. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=oi_NVJY4Cmc&pp=ygUbcnVtYWggYWRhdCBzdWt1IGhvbmFpIHBhcHVh

Nihongo Mantappu. (2022, 30 Mei). MELIHAT ISI RUMAH SUKU PEDALAMAN PAPUA! (HONAI) | WASEDABOYS INDONESIA TRIP [Video]. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=4QIEPzCfj3E


Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 142 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.1.2024.92-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401