PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA BAAMBOZLE BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Daimatus Soleha(1*), Edi Kurniawan Farid(2), Eka Rahayu(3)


(1) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(2) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(3) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika berbantuan media baambozle berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan pre eksperimen dan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah hanya kelas VII MTs Nurud Dzalam Alassumur Kulon Kraksaan, dengan jumlah 28 siswa. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner tes yang berisi sepuluh soal yang mencakup topik-topik yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier yang melibatkan satu variabel. Ada tiga langkah dalam proses pengujian: 1) Uji normalitas, 2) Uji homogenitas, dan 3) Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis, penggunaan media baambozle berbasis kearifan lokal memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Studi ini akan melihat tiga indikator pemahaman konsep: menyatakan kembali ide, mengekspresikan ide menggunakan representasi matematis, dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran matematika berbantuan media baamboozle dan pemahaman konsep matematika lebih baik setelah menggunakan media baamboozle berbasis kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References


Afkarina, I. M. Ni'mah, dan W. Lestari. (2022). Validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education journal), 5(2), 1.

Andraeni, R. V., Supriyatna, A., & Istiningsih, G. (2023). 34 Pengaruh Model Problem Based Learing Berbantuan Media Papan Pecahan Dan Geometri (Pari) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas Iv. Jurnal Holistika, 5(1), 34. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.34-40

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 4(2), 172–180. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415

Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Jamil, A. F., Cahyono, H., & Ayu, M. S. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3260

Khalilah, S. A., Ardiani, N., & Elindra, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VII Mts Ar-Raudlatul Hasanah Lumut. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 132–139. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3970

Kholifatun, K., Jumini, S., & Sugiyanto, B. (2023). Hubungan Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas 5 di MIN 3 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Modern, 09(01), 37–44.

Mariani, S. D., Larasati, D. A., Prasetya, S. P., & Stiawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 206–216. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48607

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Nurul Hikmah, S., & Hendra Saputra, V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21734

Prasetiawan, H., Effendi, K., & Kurniawan, S. J. (2020). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Sosial. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65–75. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/86

Rahayu E., W. Hidayatillah. 2020. Analisis Pembelajaran Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (2): 184-198.

RivaI, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk PemahamanKonsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(1), 57–68.

Safarroh, I. E., Rakhmawati, D., & Ismah. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswi Kelas X Teknik Permesinan Di Smk N 5 Semarang. Psikoedukasia, 1(1), 60–83.

Setyawan, A. S., & Panduwinata, L. F. (2023). Pengaruh model group investigation berbantuan edugames baamboozle terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otk kepegawaian di smkn 1 jombang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5960–5968.

Setyowati, D., Hermawan. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections 5(2): 28-29.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sulistyowati, R. W., Suteki, M., & Hermawati, D. (2023). Optimalisasi Pembuatan Media Interaktif Melalui Pelatihan dan Pendampingan. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(2), 272–278.

Suryatniani. 2018. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mengatasi Krisis Moral. Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu, 9(1),44-45.

Widya, I., Pratomo, P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 547–560.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365

Yanti, R. A., & Nindiasari, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. 1(3).

Yudiati, R., Annisa, A., & Susilowati, A. G. (2024). Pentingnya Memperkenalkan Budaya Lokal Sejak Dini Di Era Digital. Rampa’ Naong Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.24929/rn.v2i1.3289

Yuniar, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Roar (Read, Observe, Auditory, Review) Berbantukan Media Baamboozle Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. 1(1), 536–548.

Zulfah, Z., & Insani, S. U. (2020). Pengembangan Soal Matematika Berbasis Kearifan Lokal dan Daya Tarik Wisata Riau Pada Tahap Preliminary Research. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 797–799. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.311


Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 53 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.1.2024.116-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401