HUBUNGAN SHORT TERM MEMORY SISWA KELAS X DARI SUDUT PANDANG NEUROSAINS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(1) Universitas Sanata Dharma
(2) Universitas Sanata Dharma
(3) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, Khufairotul. (2019). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk Peningkatan Pemahaman Matematika. Semarang : Universitas Islam Sultan Agung.
Baddaley, Alan.(2020). Memory. eBook ISBN 9780429449642
Damayanti, E., Jamilah, J., Suban, A., Fitriana, F., & Alamsyah, N. (2020). Peranan Senam Otak Dalam Meningkatkan Fungsi Memori Jangka Pendek Pada Anak. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 247. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17245
ERWIN. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Neurosains Melalui Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Burau Kabupaten Luwu Timur.
Harianti, Winda,dkk. (2021). Pengaruh Persepsi Warna Terhadap Memori Jangka Pendek. DIY : Universitas Islam Indonesia.
Lusiawati, I. (2017). Pengembangan otak dan optimalisasi sumber daya manusia. Tedc, 11(2), 162–171.
Magdalena, B., & Purwoko, Y. (2018). Pengaruh Memory Training Dengan Aplikasi Memorado Terhadap Memori Jangka Pendek Diukur Dengan Scenert Picture Memory Test. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(2), 863–874.
Mareza, Helen (2022). Strategi guru kelas mengajar pembelajaran membaca menggunakan media flash card pada siswa syndrome short memory loss di MI Al-Islam Kota Bengkulu.U. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Maulita, R., & Suryana, E. (2022). Neurosains Dalam Proses Belajar Dan Memori. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 8(2), 216-231.
Mcleod, Saul. 2023. How Short-Term Memory Works. https://www.verywellmind.com/what-is-short-term-memory-2795348
Musdalifah, Ririn. (2019). Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar : Short Term and Long Term Memory. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Nuskin, Gita Safirah (2022) Pengaruh Program Brain-Breaks Terhadap Memori Jangka Pendek dan Atensi Pada Siswa Kelas V SD di Kota Makassar.
Ratna, Hesti, Hermawati, Ery, Kalsum, Umi. (2022). Pengaruh Kualitas tidur terhadap Memori Jangka Pendek Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tanjungpura. Pontianak. Universitas Tanjungpura.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rochmi, F. D. (2015). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 4. In Донну (Vol. 5, Issue December).
Safa’atin Siti dkk. (2021). Literatur Review: The Effect of Brain Stroming on Improving Student’s Short Term Memory. Jurnal Kegiatan Stikes Bahrul Ulum. DOI: https://doi.org/10.51898/wb.v6i1.84
Sirwanti. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Neuroscience pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.40
Suputra, A.A Gede Supriatin and Sareharto , Tun Paksi. (2015) Hubungan Antara kadar yodium urin dan memori jangka pendek pada anak sekolah dasar di daerah epidemis gaky. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.
Teti Sumiati, & Septi Gumiandari. (2022). Pendekatan Neurosains Dalam Strategi Pembelajaranuntuk Siswa Slow Learner. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1050–1069. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.326
Warsah, I., Daheri, M. (2021). Psikologi: suatu pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.
Yulianto, Aries. (2019). Penyusunan Skala Guttman untuk Pengukuran Psikologi. ISBN: 978-602-52897-4-3
Yunus, Rahmawati.M.2020. Model’s of Memory. Jurnal Al Fikrah. DOI:10.54621/jiaf.v9i2.31
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401