PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN BANTUAN MATHCITYMAP UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII

Marcelia Puspita Ningrum(1), Marcellinus Andy Rudhito(2*)


(1) Universitas Sanata Dharma
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis PMR dengan MathCityMap untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian melibatkan 16 siswa kelas VIII MTs Negeri 10 Sleman. Data dikumpulkan melalui wawancara guru, validasi media pembelajaran, tes, dan kuesioner siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pembelajaran dengan MathCityMap yang dikembangkan menggunakan ADDIE. Pada tahap Analyze, dilakukan analisis kebutuhan belajar. Pada tahap Design, dipilih media pembelajaran dan disusun tes kriteria. Pada tahap Development, dilakukan pengembangan, validasi ahli, dan revisi. Pada tahap Implementation, dilakukan uji coba. Pada tahap Evaluation, ditinjau kualitas produk. MathCityMap valid (82,3%), praktis (77,7%), dan cukup efektif (62,25%) mendukung pembelajaran bangun ruang sisi datar.

Keywords


Mathcitymap; RME; Pemecahan Masalah Matematis; Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Amaliyakh Sholikhakh, R., & Priatna, N. (2022). Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Praktik Baik Penggunaan Math City Map dalam Pembelajaran Matematika. Integral: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1).

Annisa Lubis, U., Maharani, I., Rokan, N., & Al Washliyah, U. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 65–72.

Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2016). Mathcitymap: Exploring Mathematics Around The City. https://www.researchgate.net/publication/309728124

Febrian, S. A., Rahmawati, F., & ’Adna, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567

Jais, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 133–134. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Jehadus, E., Sugiarti, L., Jelimun, Y., & Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, U. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org

Kusmayanti, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal Of Educational Review And Research, 5(1), 30–70.

Muliana, A., Inaya Masrura, S., & Sulawesi Barat, U. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Math City Map Pada Forum Mgmp Wilayah Ii Polman. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan (Vol. 6, Issue 2).

Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD Digital Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766–783. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1838

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Paramitha, W., & Agoestanto, A. (2023). Implementation of the MathCityMap Application to Increase Students’ Mathematical Problem-Solving Skills: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(1), 19. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i1.19735

Sadewo, B., & Amidi. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Project Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 162–170. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Suharnita, E., Kartini, & Saranggih, S. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Kastolan. JIPIS, 33(1), 1–12. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4581

Wachufyah, P. I., & Sulistyaningum, H. (2022). Implementasi Problem Based Learning Dengan Pendekatan Neurosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Teladan, 7(2), 80–88.

Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Kurniawan, G. (2020). Efektivitas Strategi REACT Berbasis Keislaman terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 129. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8635


Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 8 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.55-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401