PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN BANTUAN MATHCITYMAP UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII
(1) Universitas Sanata Dharma
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyakh Sholikhakh, R., & Priatna, N. (2022). Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Praktik Baik Penggunaan Math City Map dalam Pembelajaran Matematika. Integral: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1).
Annisa Lubis, U., Maharani, I., Rokan, N., & Al Washliyah, U. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 65–72.
Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2016). Mathcitymap: Exploring Mathematics Around The City. https://www.researchgate.net/publication/309728124
Febrian, S. A., Rahmawati, F., & ’Adna, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567
Jais, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 133–134. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika
Jehadus, E., Sugiarti, L., Jelimun, Y., & Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, U. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org
Kusmayanti, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal Of Educational Review And Research, 5(1), 30–70.
Muliana, A., Inaya Masrura, S., & Sulawesi Barat, U. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Math City Map Pada Forum Mgmp Wilayah Ii Polman. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan (Vol. 6, Issue 2).
Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD Digital Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766–783. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1838
Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Paramitha, W., & Agoestanto, A. (2023). Implementation of the MathCityMap Application to Increase Students’ Mathematical Problem-Solving Skills: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(1), 19. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i1.19735
Sadewo, B., & Amidi. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Project Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 162–170. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Suharnita, E., Kartini, & Saranggih, S. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Kastolan. JIPIS, 33(1), 1–12. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4581
Wachufyah, P. I., & Sulistyaningum, H. (2022). Implementasi Problem Based Learning Dengan Pendekatan Neurosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Teladan, 7(2), 80–88.
Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Kurniawan, G. (2020). Efektivitas Strategi REACT Berbasis Keislaman terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 129. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8635
Article Metrics
Abstract view : 29 timesPDF - 8 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.55-66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401