ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 SEMARANG
(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) Universitas PGRI Semarang
(4) SMP Negeri 6 Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas viii-c smp nuris jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9-12.
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315-324.
Azizul, S. M. J., & Din, R. (2016). Teaching and learning geometry using GeoGebra software via MOOC. Journal of Personalized Learning, 2(1), 39-50
Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). Analisis implementasi metode pembelajaran dalam masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran pkn. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2).
Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 699-707.
Dhillon, N., & Kaur, G. (2021). Self-assessment of teachers’ communication style and its impact on their communication effectiveness: a study of Indian higher educational institutions. Sage Open, 11(2), 21582440211023173.
Febriyanti, S. D., Indiati, I., & Setyawati, R. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Bertipe Soal TIMSS. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 121-132.
Fuada, M. S., Sunardi, S., & Setiawan, T. B. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember. Kadikma, 8(2), 114-124.
Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., Utami, E. fatmi, Istiqomah, R. R., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164.
Hirschfeld-Cotton, K. (2008). Mathematical communication, conceptual understanding, and students' attitudes toward mathematics.
Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, solutions, and expectations: 6C integration of 21 st century education into learning mathematics. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 220-238.
Khairunnisa, G. F., Maulyda, M. A., Annizar, A. M. R., Hijriani, L., & Khair, M. S. D. (2020). Mathematics Communication: Translation of Elementary Students' Idea. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 77-86.
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V B MIN Buduran Sidoarjo pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75-81.
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383-390.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol.2, 704-709.
Nurrizbaeni, N., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa Mts Nurul Hatta Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal On Education, 1(3), 29-36.
Patton, M. Q. (1987). How to use qualitative methods in evaluation. California: Sage Publications.
Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi matematika dalam pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202-211.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117.
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131-142.
Putriani, J. D., & Sukmaningthias, N. (2023, October). Analisis Kemampuan Representasi Peserta Didik Menggunakan Assesment Diagnostic. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 444-453).
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157-168.
Romlah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Mutiara 1 Bandung pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Kependidikan, 1(2), 37-46.
Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Spldv Di Kelasviii Smpn 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-14.
Siregar, N. F. (2018). Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74-84.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Wijaya, T. T., Ying, Z., Chotimah, S., & Bernard, M. (2020, August).
Hawgent dynamic mathematic software as mathematics learning media for teaching quadratic functions. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1592, No. 1, p. 012079). IOP Publishing.
Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328-336.
Article Metrics
Abstract view : 29 timesPDF - 5 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.77-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401