IMPLEMENTASI PENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 SURABAYA
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) SMK Negeri 1 Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76-85.
Banerjee, A., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2017). Remedying Education: Evidence from Two Randomized Experiments in India. Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235-1264.
Dewi, I., & Indra, W. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Tingkat Kemampuan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 101-112.
Facione, P.A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC.
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TaRL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69-78.
Hoxworth, L. (2020). Active Learning Strategies to Enhance Education. Journal of Educational Research and Practice, 10(1), 45-47.
Isti’anah, A., & Setiadi, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Teaching at The Right Level Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 di SMA Negeri 74 Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1178-1191.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1998). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Muralidharan, K., Singh, A., & Ganimian, A. J. (2021). Discrupting Education? Experimental Evidence on Technology-Aided Instruction in India. American Economic Review, 111(4), 1284-1319.
Nadziroh, N., Pratomo, W., Chairiyah, C., & Destria, D. (2023). Implementasi Tri Pusat Pendidikan Pada Pembelajaran PPKn Untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 44–49.
Pebria, R. N., Hartono, H., & Kurniawan, D. (2021). Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia Berdasarkan Hasil PISA 2018. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 150-165.
Prabowo, D., & Wulandari, T. (2021). Efektivitas Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 208-218.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematka. Jurnal Ilimiah Sekolaj Dasar. Jurnal Imiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Setiawan, H. (2018). The Role of Feedback and Practice in Enhancing Critical Thinking Skills. Educational Psychology Review, 12(2), 89-102.
Setywati, A., Rosyidah, U., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Quantum Learning Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Educatio, 8(1), 313-319.
Sutrisno, A. (2020). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif Berbasis Kebutuhan Individu dalam Meningkatkan Keterampilan Analisis. Jurnal Pendidikan, 12(4), 223-230.
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-8.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 1-2.
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 22 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.29-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401