Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Mayangan

Husnia Husnia(1*), Nuryami Nuryami(2)


(1) Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
(2) Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi perkembangan zaman dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu komponen kunci dalam meningkatkan efektivitas pengajaran, khususnya dalam pelajaran matematika, adalah media pembelajaran. Namun, siswa kelas IV MI Nurul Islam sering mengalami kesulitan memahami materi pecahan karena kurangnya metode pengajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran digital yaitu Digital Smart Book yang dirancang menggunakan aplikasi Canva untuk membantu siswa memahami materi pecahan. Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) digunakan dalam penelitian ini dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat valid (75%), praktis (95%), dan efektif (92%) dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dengan demikian, Digital Smart Book dinilai layak untuk digunakan dalam pengajaran matematika.


Keywords


media pembelajaran, Digital Smart Book, canva

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Approach, C. G. (2016). Media Pembelajaran.

Ayu, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. 10(2), 119–124.

Budiman, H. (2016). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 171–182.

DOMINA, L. W. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Pola Bilangan …. 11(1), 18–28. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2209/

Edistianda, M., & Saputri, E. (2021). Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 211–222.

Fauzia, A. S., & Indonesia, U. P. (2023). BAB 3 METODE PENELITIAN Bab ini membahas tentang desain penelitian model pengembangan, langkah-langkah dalam penelitian pengembangan dan prosedur.

Haryati, S. (2012). Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 2(8), 2715–2722. https://www.neliti.com/publications/469955/pengembangan-media-pembelajaran-matematika-berbasis-android-untuk-mengoptimalkan

Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913–4924.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Lestari, R. D., Disurya, R., & Tanzimah, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Matematika Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social …, 3, 14254–14265. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2048%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2048/1496

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian , 1–7.

Multayaningsih, E. (2017). Endang multayaningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Bandung: Alfabeta,2012), h.161. 52 36. 453, 36–57.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Nugroho, P. B. (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Eksponen, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.47637/eksponen.v7i2.143

Nuritta, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Resmini, S., Satriani, I., Studi, P., & Bahasa, P. (2021). Abdimas Siliwangi Abdimas Siliwangi. 4(2), 335–343.

Rodiansusila, A. A., Falah, R. S., & Taofik, D. B. I. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK caXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 02(01), 50–56.

Rulyansah, A., & Widowati, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Materi Perubahan Wujud Benda melalui Media Digital Smart Book pada Peserta Didik Kelas V UPT SDN 238 Gresik. 01(57), 251–256.

Sari, N. K., & Himmi, N. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1784

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5886/4220

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. 7(2).


Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.116-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401