PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Nelli Ma’rifat Sanusi(1*), Fitri Widyaningsih(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran TGT serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk uraian, lembar aktivitas siswa dan angket siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII-B SMP Amal Bakti Manislor Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2012–2013 dengan jumlah siswa 25 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) perbedaan antara nilai pretest dan postest cukup signifikan, dengan kata lain bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa (2) aktivitas dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas pada awal pembelajaran, saat pembelajaran, dan akhir pembelajaran yang menunjukan presentase respon positif yang cukup tinggi. Siswa menaruh minat yang sangat besar terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis di dalam kelas.

 

Kata Kunci : kemampuan, komunikasi matematis, Teams Games Tournament (TGT).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1344 times
PDF - 584 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.2.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401