PEMBELAJARAN INTERAKTIF: INOVASI GURU MATEMATIKA PEMACU KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran interaktif yang dijadikan model adalah pembelajaran interaktif dalam kelompok kecil dengan bantuan compact disc (CD). Model ini diekperimentasikan pada tahun ajaran 2013-2014 di SMA 4 Semarang dengan materi "Penentuan volume benda putar‟. Pembelajaran interaktif dengan bantuan CDnmemfasilitasi peserta didik untuk secara mandiri mengekplorasi konsep, mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah dan mengevaluasi hasilnya. Proses pembelajaran sepenuhnya dilakukan mandiri oleh peserta didik dengan arahan program yang ada dalam CD. Peran guru sebatas pada fasilitator sarana dan arah pembelajaran. Kerja kelompok dilakukan dalam kelompok kecil beranggotakan 2-4 peserta didik. Kemandirian belajar dalam kelompok kecil dimaksudkan untuk menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik menghadapi tantangan permasalahan. Melalui komunikasi interaktif sesama anggota kelompok, peserta didik mencoba mengaplikasikan konsep yang telah diperoleh ke dalam permasalahan. Kegagalan demi kegagalan peserta didik dalam pemecahan masalah secara kelompok tidak menyurutkan
nyali mereka untuk mencoba kembali. Bersama teman satu kelompok, kepercayaan diri peserta didik tetap terjaga.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Interaktif, Berbantuan CD.
nyali mereka untuk mencoba kembali. Bersama teman satu kelompok, kepercayaan diri peserta didik tetap terjaga.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Interaktif, Berbantuan CD.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 367 timesPDF - 125 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401