EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MAPLE MATAKULIAH KALKULUS LANJUT II

Eko Andy Purnomo(1*), Abdul Rohman(2), Budiharto -(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kalkulus Lanjut II atau kalkulus peubah banyak merupakan lanjutan dari
Kalkulus I, Kalkulus II, dan Kalkulus Lanjut I. Materi Kalkulus Lanjut II merupakanpengembangan materi kalkulus sebelumnya. Berdasarkan pengamatan observasi dikelas pembelajaran Kalkulus Lanjut II belum optimal dikarenakan (1) penguasaan materi Kalkulus I, Kalkulus II, dan Kalkulus Lanjut I belum optimal, (2) motivasimahasiswa dalam mengikuti perkuliahan kalkulus lanjut II kurang, (3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi materi kalkulus lanjut II, (4) materikalkulus lanjut II tidak disampaikan di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasismaple. Melalui penelitian ini dihasilkan bahwa implementasi model pembelajaranProject Based Learning (PBL) berbasis maple efektif yang ditandai dengan (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan mencapai ketuntasan, (2) ada pengaruh motivasi dan keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (3) kemampuan pemecahan masalah kelas setelah perlakuan  dengan modelpembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis maple lebih baik dari kelassebelum perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan
model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci: Kalkulus Lanjut II, Project Based Learning (PBL), Maple

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 695 times
PDF - 224 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401