KEEFEKTIFAN PENGGABUNGAN MODEL KUMON DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII

Eksan Sutrisno(1*), Iswahyudi Joko Suprayitno(2), Martyana Prihaswati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaranKumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter. Metodepenelitian yang digunakan adalah eksperimen. Analisis telah dilakukan dan mendapatkan hasil yaitu peserta didik yang diberi model pembelajaran Kumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter telah mencapai ketuntasan prestasi belajar dengan rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 81,81 dengan kriteria ketuntasan minimum 77. Uji Pengaruh menunjukkan bahwa keaktifan memilikipengaruh sebesar 0,1 %, sedangkan keterampilan proses memiliki pengaruh sebesar0,2 % serta keaktifan dan keterampilan proses memiliki pengaruh sebesar 0,2 %. Ujibeda menunjukkan bahwa model berbasis masalah dibandingkan dengan model Kumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter tidak memiliki perbedaan.
Namun secara statistika model berbasis masalah lebih baik daripada model Kumon danTeams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter karena memiliki nilai 84,91 lebih dari 81,81. Dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini kurang efektif.
Kata kunci: Kumon dan Teams Games Tournament, keaktifan, keterampilan proses


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF - 373 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401