Efektivitas Brain Based Learning Berbantuan LiveWorksheets Berbasis Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
(1) Universitas Tidar
(2) 
(3) Universitas Tidar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisya, N. (2020). Brain Based Learning (Pembelajaran Berbasis Otak) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 23–39. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.362
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Azhar, E., Saputra, Y., & Nurladin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dewi, L. G. A. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Astawa, I. W. P. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Masalah Open Ended untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematiika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 133–142.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Fitriana, A., & Juwana, I. D. P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 24(2), 276–285. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3191
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht : Freudenthal institute.
Harahap, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72.
Haryanto, & Rahmawati, F. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Epsilon, 2, 38–43.
Insani, A. S., Setiani, A., & Imswatama, A. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran SSCS dengan Pendekatan Metafora terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal PRISMA, 12(2), 352–361. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3368
Jensen, E. (2000). Brain Based Learning. The Brain Store.
Jensen, E., & McConchie, L. (2020). Brain-Based Learning. Corwin.
Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304
Jusmawati, Satriawati, R, I., Rahman, A., & Arsyad, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Samudra Biru.
Lestari, F. P., & Ristontowi. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Model Discovery Learning dan Model Auditory Intellectually Repetition. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6334
Lucky, Y., & Julyanti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1408–1416. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7012
Maemunah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154.
Margiani, S., & Mustadi, A. (2023). Pengarauh Model Brain Based Learning Dengan Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Materi Pembagian. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 608–615. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6280
Maulida, A. P., & Rusnilawati. (2020). Project-Based Learning (PjBL) Liveworksheets to Enhance Learning Outcomes in Number Operations for Fourth-Grade Elementary Students. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2.11404
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Mufidah, L. L. N. (2014). Brain Based Teaching and Learning. Teras.
Nurjanah, H., & Jusniani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME, 2(1), 89–95.
Polya, G. (1973). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method G. Princeton University Press.
Retno, P. D. (2022). Penerapan Live Worksheet pada Model Pembelajaran Flipped Learning untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 161–176. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.366
Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790
Solihati, A., Rahmawati, F., & Pamungkas, M. D. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.197
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara.
Widdah, H., & Setiawan, Y. E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Movasi Belajar Maatematika Siswa. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2641–2650. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7113
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF - 0 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.12.2.2025.38-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 
 
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
 








