PERBANDINGAN PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpendekatan konstruktivisme terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dengan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TAI berpendekatan konstruktivisme. mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,5% dan 81%. Selain itu pengaruh motivasi dan keterampilan terhadap prestasi belajar model pembelajaran NHT sebesar 87,6%. Sedangkan pengaruh motivasi dan keterampilan proses terhadap prestasi belajar model pembelajaran TAI berpendekatan konstruktivisme sebesar 88,5%. Analisis uji banding diperoleh kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas kontrol, kelas eksperimen 2 lebih baik dari kelas kontrol, dan kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT efektif, model pembelajaran TAI berpendekatan kontruktivisme efektif, dan model pembelajaran NHT lebih baik dari model pembelajaran TAI berpendekatan kontruktivisme terhadap prestasi belajar pada materi statistika kelas X.
Kata kunci: Number Head Together, Pendekatan Konstruktivisme, Prestasi Belajar, Team Assisted Individualization.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 616 timesPDF - 605 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.1.2015.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401