PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pembelajaran Inquiry Training Model (ITM) Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anita, S. A. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Discovery Learning. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ardiansyah, A. S., & Triska Pratama, N. (2021). Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 4, Issue 4).
Atmaja, I. K. S., Sukedra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi Hots. Widyari Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Ernawati, & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project (CMP) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559–564. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fathurrahman, & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 33–40.
Fatmawati, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik. Jurnal Pendidikan Tematik, Vol. 2 No. 2.
Gani, R. A., Syahiril Anwar, W., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 54–59. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda
Harahap, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884
Jeanita Sengkey, D., Deniyanti Sampoerno, P., & Abdul Aziz, T. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Maret 2023 Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Khoirunnisa, A. F., Sandi Budi Iriawan, & Sendi Fauzi Giwangsa. (2024). Bahan Ajar Digital Berbasis Microlearning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Issue 9).
Khoirunnisa, K., & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Model CORE dan Strategi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 537–550. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Liunesi, D. T., Nenohai, J. M. H., & Halim, F. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh.
Mafulah, J., & Amin, S. M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 9 No.1 2020.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). ANALISIS Pengembangan Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Moko, V. T. H., Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Inovasi Kurikulum, 19(2), 131–142. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44974
Muharomi, L. T., & Afriansyah, A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, Volume 2, Nomor 2, 45–4.
Ndoa, P. K. N., Sergius Lay, & Florentina Waruwu. (2024). Implementasi Teori Belajar Discovery Learning Jerome Bruner Dalam Proses Pembelajaran. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran.
Sekarsari, F. D. F. putri, Wicaksono, A. G., & Sarafuddin. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 3(1), 213. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1
Simbolon, A. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di SMPN 2 Tanjung Morawa.
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., & Nugroho, A. G. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=iSk5EAAAQBAJ
Sudarsono, S., & Mawaddah, I. (2025). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 718–728. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1532
Sugiharni, G. A. D., & Suwastika, I. W. K. (2021). Meta-Analisis Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Prestasi Matematika. Sebatik, 25(2), 468–476. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1472
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhaifi, A., & Karyono, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika (Vol. 8, Issue 2).
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook [By] Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel [and] Melvyn I. Semmel. Council for Exceptional Children. https://books.google.co.id/books?id=LMmvAQAACAAJ
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF - 0 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.12.2.2025.17-28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 
 
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
 








