PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Maya Arsita Septiyani(1*), Amidi Amidi(2)


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengarah pada pengembangan bahan ajar dengan pendekatan model Discovery Learning dengan dukungan aplikasi GeoGebra dalam rangka meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam memahami topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan siswa dalam menyambungkan teori matematika dengan situasi kehidupan nyata, serta rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan modern dan didominasi oleh penggunaan buku paket serta media PowerPoint. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi kelayakan yang diisi oleh seorang dosen serta dua orang guru mata pelajaran matematika, menghasilkan data dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dianalisis melalui metode deskriptif persentase. Hasil validasi menunjukkan kategori sangat layak, meliputi aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan inovasi pembelajaran. Integrasi GeoGebra dalam model Discovery Learning terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman konsep melalui eksplorasi visual. Kesimpulannya, bahan ajar ini sangat layak dan siap diterapkan dalam pembelajaran matematika guna mendukung peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa terkait topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Keywords


Discovery Learning, GeoGebra, Kemampuan Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Research and Development

Full Text:

PDF

References


Amaliah, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pembelajaran Inquiry Training Model (ITM) Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anita, S. A. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Discovery Learning. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ardiansyah, A. S., & Triska Pratama, N. (2021). Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 4, Issue 4).

Atmaja, I. K. S., Sukedra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi Hots. Widyari Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Ernawati, & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project (CMP) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559–564. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fathurrahman, & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 33–40.

Fatmawati, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik. Jurnal Pendidikan Tematik, Vol. 2 No. 2.

Gani, R. A., Syahiril Anwar, W., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 54–59. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Harahap, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884

Jeanita Sengkey, D., Deniyanti Sampoerno, P., & Abdul Aziz, T. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Maret 2023 Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Khoirunnisa, A. F., Sandi Budi Iriawan, & Sendi Fauzi Giwangsa. (2024). Bahan Ajar Digital Berbasis Microlearning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Issue 9).

Khoirunnisa, K., & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Model CORE dan Strategi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 537–550. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Liunesi, D. T., Nenohai, J. M. H., & Halim, F. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh.

Mafulah, J., & Amin, S. M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 9 No.1 2020.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). ANALISIS Pengembangan Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Moko, V. T. H., Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Inovasi Kurikulum, 19(2), 131–142. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44974

Muharomi, L. T., & Afriansyah, A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, Volume 2, Nomor 2, 45–4.

Ndoa, P. K. N., Sergius Lay, & Florentina Waruwu. (2024). Implementasi Teori Belajar Discovery Learning Jerome Bruner Dalam Proses Pembelajaran. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran.

Sekarsari, F. D. F. putri, Wicaksono, A. G., & Sarafuddin. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 3(1), 213. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1

Simbolon, A. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di SMPN 2 Tanjung Morawa.

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., & Nugroho, A. G. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=iSk5EAAAQBAJ

Sudarsono, S., & Mawaddah, I. (2025). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 718–728. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1532

Sugiharni, G. A. D., & Suwastika, I. W. K. (2021). Meta-Analisis Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Prestasi Matematika. Sebatik, 25(2), 468–476. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1472

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhaifi, A., & Karyono, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika (Vol. 8, Issue 2).

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook [By] Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel [and] Melvyn I. Semmel. Council for Exceptional Children. https://books.google.co.id/books?id=LMmvAQAACAAJ


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.12.2.2025.17-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401