Integrasi Budaya Lokal dan Literasi Numerasi Melalui Pengembangan Media Berbasis Cerita Rakyat
(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, Somadayo, & Darmawati. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Jurnal Pedagogik, 7(2), 1–12. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2684/1813
Ananda, & Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan) (Saleh, S. (ed.); Cetakan 1). CV. Widya Puspita.
Bilad, Zubaidah, & Prayogi. (2024). Addressing the PISA 2022 Results: A Call for Reinvigorating Indonesia’s Education System. International Journal of Essential Competencies in Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36312/ijece.v3i1.1935
Dassa, & Asyari. (2023). Integrasi Numerasi pada Pelajaran Non-Matematika. Jurnal UNM Semnasdies, 394–401. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Fauzi dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In Rake Sarasin (Cetakan 1). CV. Pena Persada.
Fu’adah, Ambarwati, & Siswiyanti. (2024). Pengembangan Modul Ajar Teks Cerita Rakyat Berbasis Budaya Lokal Folklor Asal Usul Tempat di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 19, 1–19.
Han dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Mayani, L. A. (Ed.), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. (Vol. 8, Nomor 9). https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Hasan dkk. (2022). Ilmu Pendidikan (Ruhardi, A. (ed.); Cetakan Pe). PT. Indonesia Emas Group.
Kamarudin, Jalal, & Angkotasan. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Cerpen Pada Materi Aritmatika Sosial. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 71–75.
Kemdikbudristek. (2024). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2024. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6545029651609-Tentang-Rapor-Pendidikan-dan-Rapor-Mutu
Kurniawati, Tukiyo, & Purbha Sakti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDIT Persada Bayat. Dharma Acariya Nusantara : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 187–197. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1237
Laksana. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 012–023. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269861141
Lindang, Bhoke, & Wewe. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Media Kartu Angka Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Ngada. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(03), 2039–2050. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.
Mastiah, Mutaqin, & Tirsa. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(1), 53. https://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113
Maulidiah, & Saddhono. (2019). Wujud Budaya Dan Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Putri Jelumpang: Sebuah Kajian Antropologi Sastra. Widyaparwa, 47(2), 185–192. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i2.356
Mulyati, Azzahra, & Rachman. (2024). Memperkuat Literasi Dan Numerasi: Kunci Membangun Kualitas Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i1.55
Nafi’ah, & Hartonoa. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482
Novitasari. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal (Burita-Berbekal) di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 1151–1163. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.93274
Nurcahyono. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
OCDE. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In PISA (Ed.), Perfiles Educativos (Vol. 46, Nomor 183). OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en. ISBN
PSKP. (2023). Risalah Kebijakan Buku Bacaan Digital untuk Meningkatkan Literasi Anak (Nomor 3).
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, Hunaifi, & Damariswara. (2024). Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Kediri Pada Materi Pendapat Pribadi Isi Buku SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 647–656.
Rahmah, Ibrahim, & Yazid. (2023). Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Etnomatematika Sebagai Penunjang Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1912–1919. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1585
Rashid. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori, Metode, Dan Praktek (cetakan 1). IAIN Kediri Press.
Safitriana, Fatiyah, & Mahmudah. (2025). Studi Deskriptif Tentang Peran Guru sebagai Fasilitator Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah MI/SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 5(1), 349–361. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i1.6026
Sari. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Tapa Malenggang Sebagai Media Literasi Untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Subhaktiyasa. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Cetakan 1). Alfabeta.
Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sujarwadi, Dewi, & Hayat. (2024). Pentingnya Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi. Sintaksis : Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(1), 127–135. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.280
Suryaningsih, & Maarij. (2023). Tantangan dan Hambatan dalam Penerapan Literasi Numerasi pada Proses Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV, 15(1), 494–500.
Wahab, & Amaliyah. (2019). Identifikasi Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Untuk Membudayakan Literasi di SD. Satya Widya, 35(2), 176–185. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p176-185
Widoyoko. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Cetakan 1). Pustaka Belajar.
Wiedarti. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Edisi 2). In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Nomor 2). https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217
Yufarika. (2023). Tantangan dunia pendidikan dan implikasinya terhadap perubahan kebijakan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 156–161.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.12.2.2025.51-65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 
 
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
 








