KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK FOR MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII

Ina Rosada Triwigati(1*), Iswahyudi Joko Suprayitno(2), Martyana Prihaswati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pair Check for Make a Match dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP
Muhammadiyah Purwodadi. Kelas VII A sebagai kelas kontrol, VII B kelas eksperimen, dan kelas uji coba adalah kelas VII G SMP Negeri 2 Purwodadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ketuntasan individual kemampuan penalaran tercapai dengan nilai 79,685 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,18%, terdapat pengaruh motivasi terhadap kemampuan penalaran sebesar
39,1%, pengaruh keaktifan terhadap kemampuan penalaran sebesar sebesar 67,2%, dan secara bersama-sama pengaruh motivasi dan keaktifan terhadap kemampuan penalaran sebesar 72,2%, terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,685 lebih besar dari kontrol yaitu 47,857. Dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini efektif.
Kata kunci: Pair Check for Make a Match, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 417 times
PDF - 159 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.1.2016.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401