MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X-7 SEMESTER 2 SMA 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Karakteristik materi trigonometri adalah banyaknya rumus-rumus dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang masih abstrak membuat siswa merasa kesulitan. Berdasarkan
pengamatan banyak siswa yang mempunyai minat yang rendah dalam pembelajaran matematika. Minat siswa yang rendah mengakibatkan keaktifan siswa dan hasil belajar yang rendah. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil
belajar, keaktifan dan minat pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan, dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan minat pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Guru hendaknya menerapakan model pembelajaran berbasis masalah tidak hanya pada mata materi trigonometri, tetapi dapat juga pada materi atau pelajaran lain.
Kata kunci: Hasil belajar, Keaktifan, Minat, dan Pembelajaran berbasis masalah
pengamatan banyak siswa yang mempunyai minat yang rendah dalam pembelajaran matematika. Minat siswa yang rendah mengakibatkan keaktifan siswa dan hasil belajar yang rendah. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil
belajar, keaktifan dan minat pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan, dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan minat pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Guru hendaknya menerapakan model pembelajaran berbasis masalah tidak hanya pada mata materi trigonometri, tetapi dapat juga pada materi atau pelajaran lain.
Kata kunci: Hasil belajar, Keaktifan, Minat, dan Pembelajaran berbasis masalah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 469 timesPDF - 190 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401