KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS MAPLE MATAKULIAH METODE NUMERIK

Eko Andy Purnomo, Muhammad Toni Prasetyo, Budiharto -

Abstract


Metode numerik merupakan salah satu metode yang mempunyai peran sangat strategis dalam matematika. Masalah yang sulit atau bahkan tidak mungkin diselesaikan secara analitis dapat diselesaikan dengan metode numerik. Berdasarkan observasi awal peneliti disimpulkan bahwa 1) mahasiswa cenderung menghafal dan bukan memahami
metode numerik, 2) pembelajaran masih bersifat konvensional, 3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi metode numerik dalam kehidupan, 4) pembelajaran belum memanfaatkan aplikasi teknologi. Hal ini menyebabkan mahasiswa pasif dan motivasi belajar juga turun yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masih
rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada matakuliah Metode Numerik adalah dengan penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple pada matakuliah Metode Numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple matakuliah Metode Numerik adalah efektif. Keefektifan ditandai dengan (a)kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, (b) terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (c)kemampuan pemecahan masalah kelas setelah perlakuan lebih baik dari kelas sebelum perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan
kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci: IDEAL problem solving, Maple, Metode Numerik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 121 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats