KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS MAPLE MATAKULIAH METODE NUMERIK
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Metode numerik merupakan salah satu metode yang mempunyai peran sangat strategis dalam matematika. Masalah yang sulit atau bahkan tidak mungkin diselesaikan secara analitis dapat diselesaikan dengan metode numerik. Berdasarkan observasi awal peneliti disimpulkan bahwa 1) mahasiswa cenderung menghafal dan bukan memahami
metode numerik, 2) pembelajaran masih bersifat konvensional, 3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi metode numerik dalam kehidupan, 4) pembelajaran belum memanfaatkan aplikasi teknologi. Hal ini menyebabkan mahasiswa pasif dan motivasi belajar juga turun yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masih
rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada matakuliah Metode Numerik adalah dengan penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple pada matakuliah Metode Numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple matakuliah Metode Numerik adalah efektif. Keefektifan ditandai dengan (a)kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, (b) terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (c)kemampuan pemecahan masalah kelas setelah perlakuan lebih baik dari kelas sebelum perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan
kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci: IDEAL problem solving, Maple, Metode Numerik
metode numerik, 2) pembelajaran masih bersifat konvensional, 3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi metode numerik dalam kehidupan, 4) pembelajaran belum memanfaatkan aplikasi teknologi. Hal ini menyebabkan mahasiswa pasif dan motivasi belajar juga turun yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masih
rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada matakuliah Metode Numerik adalah dengan penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple pada matakuliah Metode Numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple matakuliah Metode Numerik adalah efektif. Keefektifan ditandai dengan (a)kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, (b) terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (c)kemampuan pemecahan masalah kelas setelah perlakuan lebih baik dari kelas sebelum perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan
kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci: IDEAL problem solving, Maple, Metode Numerik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 651 timesPDF - 175 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401